Belajar Table Manner Bersama Jurusan Teknik Boga FT UNY

Siswa dari SMP 1 Turi, Slemanbersama Kepala Sekolah dan Guru pendamping mengikuti pelatihan Table Manner dari Program Sudi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (19/03). Pelatihan ini dilangsungkan di Aula KPLT FT UNY yang disulap bak restoran mewah oleh para mahasiswa. Acara yang didahului dengan demonstrasi Juggling bartender  ini merupakan permintaan dari pihak sekolah untuk memperkenalkan kepada siswa tentang perjamuan makanan formal.

Minta Harsana, M.Sc., Dosen Pengampu tentang Mata kuliah Table Manner menyampaikan bahwa tujuan dari agenda yang diikuti 125 siswa ini adalah untuk memeberikan pemahaman tentang apa, bagaimana, dan berbagai hal yang perlu diketahui tentang Table Manner.

“Table Manner merupakan cara di mana seseorang mengikuti aturan-aturan sosial tentang aturan makan dalam situasi formal”, tuturnya.

Budaya yang berbeda memiliki aturan yang berbeda untuk Table Manner dan itu adalah hal  yang penting untuk kita ketahui. Oleh karena itu, belajar Table Manner artinya kita juga harus belajar tentang aturan dan budaya dari negara lain, “tambahnya.

“Table Manner sangat penting karena akan memastikan, baik pihak tamu dan tuan rumah merasa nyaman di meja makan. Karena dari meja makan, seseorang dapat memberikan penilaian atau judgment bagi diri kita,” tutupnya.

Kemudian dalam penyampaian materi, mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Boga, menjelaskan tentang manfaat perjamuan, tipe pelayanan, etika berbusana, menu yang disediakan, alat hidangan, serta hal-hal tabu yang dilakukan.

Dengan media bantuan Video, para mahasiswi menerangkan tentang etiket perjamuan yang berisi tentang posisi duduk yang benar, cara menyantap roti, cara menyantap hidangan, cara menggunakan napkin, serta cara menggunakan alat.

Setelah penjelasan materi, acara ini dilanjutkan dengan praktek Table Manner, lengkap dengan peralatan dan hidangannya dengan menggunakan American Style. Para siswa dan guru yang mendampingi diberi hidangan dari appetizerberupa Spring Roll, Cream of Corn Soup, Chicken Snitzetl untuk main course, ditutup dengan Tuttyfrutty sebagaiDessert nya. (hryo)