Dengan Restu Rektor, Garuda UNY Siap Taklukan SFJ

Rektor UNY Bapak Prof. Sutrisna Wibawa resmi melepas tujuh belas delegasi Garuda UNY Team (GUT) yang akan berkompetisi di ajang Student Formula Japan (SFJ) di Shizouka, Jepang.

Pelepasan dilakukan pada hari kamis (31/8) bertempat di Ruang Sidang Utama Senat UNY dengan dihadiri Rektor UNY, Wakil Rektor I, II, III, dan IV, Staf Jajaran Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik UNY, advisor GUT, dan Delegasi GUT dalam Student Formula Japan 2017.

Dalam pelepasan ini, Bapak Rektor menyampaikan tiga poin penting yang harus dimiliki GUT yaitu inovasi yang dikembangkan hendaknya dipertanggungjawabkan secara akademis, etika selama berkompetisi harus dijaga karena tim tidak hanya membawa nama universitas namun juga nama bangsa dan negara, serta bekerja secara maksimal karena hasil akan mengikuti usaha. 

Dengan izin dan restu dari Rektor dan seluruh civitas akademika tersebut, Sabtu (2/9) lalu, Delegasi Garuda UNY Team berjumlah 17 mahasiswa dengan 1 orang advisor bertolak ke negeri sakura.

Ajang Student Formula Japan (SFJ) merupakan kompetisi mobil balap bergengsi yang sangat ketat dan kompetitif. SFJ ini adalah kompetisi internasional ketiga yang diikuti GUT setelah sebelumnya GUT berkompetisi di Shell Eco Marathon (SEM) Singapura dan International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan. Dengan modal pengalaman dua tahun mengikuti kompetisi SFJ, GUT telah merancang berbagai inovasi dan pembaharuan dalam mobil formula teranyarnya, Formula Garuda 17 (FG 17). Bobot yang dimiliki kendaraan sebesar 210 kg dimana berat tersebut lebih ringan 10 kg dibandingkan bobot kendaraan tahun lalu. 

"Mobil telah dikirim sebelumnya pada Senin (28/8) dengan jasa Nippon Express Indonesia. Kami menargetkan untuk masuk 20 besar overall, bersaing dengan 98 tim dari 9 negara. Kami mohon doa restu yang sebesar-besarnya ke seluruh pimpinan dan civitas akademika UNY," tutur bapak Dr. Zainal Arifin, M.T. selaku advisor GUT.

Kesuksesan tim ini tidak akan bisa tercapai tanpa adanya dukungan, baik dari pihak kampus dan juga para sponsor, Silk Air, Motul, IGUS , Bank Mandiri, Bank BTN, ISTW, Yuasa, GNFI, Chassis SIM, Keizer, Hoosier, IKATO, C-Maxi, Biies, Stadion Maguwoharjo, Bengkel Idek , Citra, Panatek, PT Pola Data Consultant, Spesial Sambal, Denso Power Iridium, Solidworks, dan Manual Tech. (een)