EMPAT BIDANG LKS SMK NASIONAL 2019 DISELENGGARAKAN DI FT UNY

EMPAT BIDANG LKS SMK NASIONAL 2019 DISELENGGARAKAN DI FT UNY

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yoyakarta (FT UNY) didapuk sebagai salah satu penyelenggara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27 tahun 2019  di Yogyakarta (7-13/09/2019) yang mengambil tema mengambil tema “Kompeten Menyongsong Revolusi Industri 4.0”. Empat bidang lomba yang diselenggarakan di FT UNY yakni CADD Mechanical Engineering, Web Technologies, IT Nertwork Systems Administration, IT Software Solution for Business. Selian FT UNY , LKS SMK Nasional 2019 ini dihelat masing-masing di Jogja Expo Center (JEC), SMKN 6 Yogyakarta dan Hotel Grand Dafam.

LKS merupakan ajang yang rutin dilakukan setiap tahun. Dengan adanya acara ini, para pendidik termasuk Kemdikbud menjadi tahu sejauh mana kompetensi yang dimiliki para siswa SMK. Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, M. Bakrun menjelaskan tujuan digelarnya LKS SMK Nasional ke-27 ini bukan sekadar memberikan pujian dan dorongan pada siswa, dalam pengembangan kompetensinya. Tapi sekaligus meningkatkan daya saing mereka agar mendapatkan jiwa yang tangguh, jujur, dan disiplin. Juga untuk mempromosikan mengenai kompetensi siswa SMK.

"Jadi harapannya bisa menunjukkan pada khalayak umum bahwa siswa SMK itu mempunyai kemampuan dan kompetensi yang memang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri serta membentuk karakter siswa yang disiplin, bertanggungjawab, dan sportivitas,” imbuh M Bakrun.

Mengenai tema Industri 4.0, M Bakrun menjelaskan bahwa tema itu dinilai sangat cocok dan ideal karena saat ini perkembangan teknologi dan zaman digitalisasi. Nantinya, semua jenis lomba tak lepas dari teknologi komunikasi.

“Saat ini merupakan era digitalisasi, orang yang selalu menyebut revolusi inisdustri 4.0. Maka dari itu, kita mengambil tema tersebut karena bersingunggan dengan teknologi komunikasi,” tutur M. Bakrun.

Lebih lanjut, M. Bakrun mengatakan terdapat 34 provinsi yang mengikuti lomba tersebut. Para peserta yang mengikuti LKS 2019 merupakan perwakilan masing-masing provinsi yang sudah diseleksi melalui lomba dari sekolah-sekolah SMK.

“Jadi para peserta bukan mewakili sekolahnya masing-masing, tetapi mewakili provinsi asal sekolahnya. Sebelumnya mereka sudah diseleksi melalui perlombaan antar SMK, yang terpilih menang, merekalah yang akan mengikuti LKS tingkat nasional 2019 di Yogyakarta,” ujar M. Bakrun.

LKS 2019 terdapat 32 jenis lomba yang diselenggarakan. Total 750 siswa SMK yang akan mengikuti ajang nasional tersebut.(Hryo)