JPTK FT UNY Terakreditasi B

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Terakreditas B berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 48a/E/KPT/2017, tanggal 30 Oktober 2017. Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Widarto, mengatakan bahwa pringkat akreditasi ini merupakan perjuangan semua pihak di bawah koordinasi Wakil Dekan Bidang Akademik FT UNY, Moh. Khairudin.

Walaupun sudah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti, Widarto mengatakan masih terdapat berbagai tantangan yang perlu dihadapi dalam rangka pencapaian terindeks Scopus. 

“Keberhasilan memperoleh akreditasi ini bukan menjadi titik akhir, tetapi justru menjadi awal perjuangan dalam menjaga reputasi JPTK sebagai jurnal ilmiah bergengsi,” ujar Widarto.

Sementara itu, Moh. Khairudin, selaku Ketua Redaksi JPTK menegaskan bahwa keberhasilan ini merupakan berkah sekaligus tantangan. “Sudah selayaknya kita bersyukur dengan keberhasilan ini, tetapi segera harus bersiap dan berbenah dari aspek keredaksian dan konten artikel,” katanya.  

“Meski akreditasi ini berlaku untuk lima tahun, keputusan itu tentu akan terus dikaji ulang dalam periode tertentu dan bila tidak memenuhi syarat, status akreditasi dapat dicabut sewaktu-waktu, sesuai evaluasi dari DIKTI” terang Moh. Khairudin. 

Moh. Khairudin menambahkan bahwa semenjak tahun lalu JPTK juga telah terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ). “Pencapaian-pencapaian ini tentu semakin memotivasi seluruh tim dalam meningkatkan kualitas JPTK dan kami juga berharap jurnal-jurnal di tiap jurusan FT UNY juga bisa segera menyusul,” beber Khairudin.

“Kualitas jurnal ilmiah adalah wujud eksistensi dan prestise dari sebuah perguruan tinggi sehingga jelas keberdaan jurnal ilmiah menjadi sangat penting, terlebih lagi jurnal yang terakreditasi,” ujarnya.
JPTK sendiri merupakan media ilmiah yang memuat hasil penelitian bidang pendidikan teknologi dan kejuruan dan jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yakni, Mei dan Oktober dan bisa diakses online pada laman http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk.