JUARA 1 BRIDGE DESIGN COMPETITION, CIVIL CREATIVE AND ACTION 2017

Tim Bimasena dari Divisi Rancang Bangun (DRB) UKM Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta menjadi Juara 1 dalam ajang Bridge Design Competition di Universitas Gajah Mada (28–29/10/2017). Tim Bimasena sendiri diketuai oleh Ermalia Nur Hidayah dan beranggotakan Iwan, I Gede Putu Marutha, dan Kadek Agus Sutayasa dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Hasil dari perlombaan tersebut secara lengkap, Juara 1 adalah Tim Bimasena (Universitas Negeri Yogyakarta), Juara 2 adalah CT-Jayabaya (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya), Juara 3 The Golden Circle Team (Universitas Diponogoro). 

Mengangkat tema kompetisi “Jembatan yang Ideal untuk Daerah Pedalaman”. Hal ini mengingat variasi infrastruktur jembatan sangatlah luas, baik dari fungsi, skala maupun dimensinya. Jembatan daerah pedalaman memerlukan desain yang sesuai untuk daerah terpencil dengan kondisi lingkungan yang begitu bervariasi serta material yang ekonomis dan  secara teknis mampu menyesuaikan kebutuhan di daerah pedalaman. Maka desain jembatan yang ideal mesti menghasilkan konstruksi yang mudah dalam pelaksanaan dan pemeliharaan.

Dengan latar belakang seperti itu, Tim Bimasena mengambil konsep jembatan berbahan dasar material baja dengan judul “Jembatan GANGSAL”. “Desain jembatan terinspirasi dari filosofi angka lima dalam Bahasa Jawa, yaitu gangsal yang melambangkan kesempurnaan hidup manusia, sehingga diharapkan Jembatan Gangsal menjadi jembatan yang sempurna dalam segi struktural ataupun fungsi sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.,” ujar Ermalia. 

“Jembatan yang dipersyaratkan mesti memiliki bentang 30 m dan lebar 7 m, maka setelah dipertimbangkan melalui berbagai sudut pandang, jembatan Gangsal dibuat dengan berbahandasar baja dengan tipe struktur rangka,” imbuhnya.

Ermalia menceritakan bahwa setelah melalui serangkaian penilaian, maket jembatan kami mendapat nilai komulatif paling tinggi. “Dalam penyusunan maket ini pun kamu hanya memiliki waktu yang sangat terbatas, sekitar 5 hari kami mampu menyelesaikan karya kami ini,” kenangnya. 

“Saya mewakili tim ingin menyampaikan banyak terimakasih pada semua pihak yang terlibat dan memberi dukungan yang optimal pada perlombaan kali ini,” tutupnya.