Juara 2 Nasional Kontes Mobil Hemat Energi 2017

Kompetisi mobil hemat energi tingkat nasional Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 telah sukses diselenggarakan selama 5 hari (7 – 11/11/2017) di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur. Kontes yang terdiri dari mobil urban dan prototype ini dimeriahkan oleh 80 tim mobil dari 43 universitas di seluruh Indonesia. Garuda UNY merupakan salah satu berhasil lolos mengikuti lomba bergengsi ini dengan mengusung mobil urban berbahan bakar bensin.

Mobil Garuda Urban Gasoline berhasil meraih posisi kedua dengan capaian 303 km/l. Raihan ini merupakan capaian terbaik tim Garuda selama berkompetisi di ajang mobil hemat energi. Selain menjadi juara 2 kategori Urban Gasoline, Garuda UNY juga menempati posisi dua untuk FDR Award yaitu juara untuk mobil tercepat yang menggunakan minimal 2 ban FDR. Penghargaan ini merupakan penghargaan khusus yang diberikan oleh FDR selaku sponsor utama KMHE 2017.

KMHE merupakan kompetisi tahunan sebagai ajang adu kreativitas mahasiswa Indonesia dalam inovasi mobil hemat energi. Sebelumnya kegiatan ini diberi nama IEMC (Indonesia Energy Marathon Challenge) sejak tahun 2012 lalu dan tahun 2013 berganti nama menjadi KMHE ini,

Dekan FT UNY, Dr. Widarto saat menyambut tim menegaskan bahwa prestasi ini menjadi bukti bahwa UNY memang pantas masuk dalam jajaran universitas klaster pertama.  “Tim ini harus tetap solid dan dijaga kesinambungannya sehingga pretasi dati tim mobil bisa dilanjutkan kepada generasi berikutnya,” lanjutnya.

Sutiman, M.T., selaku dosen pembimbing menceritakan bahwa saar perlombaan terjadi beberapa perubahan skema race namun seluruh tim bisa sigap untuk melakukan penyesuaian dalam waktu yang terbatas. “Aturan yang diberlakukan memang cukup ketat sehingga cukup banyak tim-tim yang gagal finis saat perlombaan,” kenangnya.

“Memang tim mobil UNY jarang diunggulkan namun berulang kali tim ini mampu memberikan kejutan dalam setiap keikutsertaan lomba,” lanjut Sutiman.  

“Dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami karena prestasi ini tidak terlepas dari dukungan dan doa restu semua pihak, terutama segenap pimpinan UNY dan jajarannya, para dosen, mahasiswa, serta sponsor tim Garuda,” ucapnya

“Harapan kami, semoga untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya kami bisa meraih prestasi yang lebih baik untuk mengharumkan nama UNY dan bangsa,” tutup Sutiman. (Fb)