Konsisten Lahirkan Bibit Wirausahawan Muda Bidang Teknologi

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sebagai kampus terdepan dalam pendidikan vokasional terus konisisten membentuk karakter lulusan berjiwa technopreneur. Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FT UNY, Dr. Giri Wiyono mengatakan bahwa pihak kampus terus memupuk jiwa kemandirian para mahasiswa serta terus mendorong mahasiswa untuk mampu ciptakan lapangan kerja sendiri dengan memanfaatkan teknologi demi kemajuan bangsa.

“Tiap tahun FT UNY juga menggulirkan program Hibah Technopreneur untuk menjaring inovasi-inovasi terbaik mahasiswa yang kemudian diberikan fasilitas dan pendampingan agar berkembang menjadi sebuah peluang bisnis bidang teknologi yang menjanjikan,” terang Giri Wiyono.  

Beberapa produk Technopreneur FT UNY juga telah meraih sukses, bahkan mampu memberdayakan masyarakat sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Tentu kita tidak asing dengan produk kompor batik listrik “Astoetik” karya Nova Suparmanto, alumni FT UNY, yang telah mengantongi SNI dan sangat laris digunakan para seniman batik maupun sebagai sarana pembelajaran membatik siswa. 

Produk hasil riset mahasiswa FT UNY lainnya juga terus berkembang seperti CV Indobot yang digagas Oby Zamisyak, alumni Pendidikan Teknik Elektronika, yang merupakan perusahaan produsen robot edukasi.

Bahkan Oby pernah dinobatkan sebagai juara pertama dalam The Best Business Plan pada konferensi kewirausahaan internasional, ASENet, di awal 2018. Menurut Oby saat ini, robotika telah menjadi tren pendidikan di sekolah maupun komunitas, bahkan beberapa sekolah di Indonesia telah menerapkan pendidikan robotika sebagai mata pelajaran tersendiri maupun kegiatan ekstrakurikuler. 

Produk robot yang digunakan CV Indobot untuk pembelajaran tentang cara kerja robot berdasarkan sistem robot manual, semi otomatis dan otomatis. 

Selain indobot ada pula Astrobike yang terus konsisten mengembangkan bisnis sepeda listrik berbasis android. Sejak diluncurkan 2016 silam, hingga ini AstroBike sudah memasuki Generasi Ketiga dimana desain perangkatnya lebih simpel dengan performa sepeda yang lebih meningkatkan.