Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK di Lingkungan Profesional

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) bersama Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta kembali ditunjuk sebagai penyelenggara Lomba Kompetensi Siswa atau sering disingkat LKS DIY 2017 bidang Teknologi Rekayasa (28-29/10/2017). Bidang lomba yang diselenggarakan di FT UNY diantaranya IT Network System Administrator, WEB Design, Electronic Application, Mekatronika, Industrial Control, Mobile Robotic, Refrigeration, Welding, CADD Mechanical, Automotive Technology, Joinery, Plumbing, AutoCad Building, Cabinet Making, Wall & Floor Tilling,  dan Bricklying dengan total peserta 407 siswa.

LKS DIY 2017 secara keseluruhan memperlombakan 53 bidang yang meliputi 6 kategori, yaitu teknologi, bisnis dan manajemen, pariwisata, seni rupa dan kerajinan, pertanian kehutanan & kelautan serta perawatan kesehatan dan farmasi dengan jumlah peserta 818.

Juara pertama dalam lomba ini akan mewakili DIY di tingkat nasional kecuali untuk kategori lomba yang tidak dipertandingkan di level nasional, yaitu perawatan kesehatan dan teknik sepeda motor.

Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X, dalam sambutannya saat Pembukaan di SMKN 1 Kalasan Sleman, menyampaikan harapan agar siswa peserta lomba dapat memanfaatkan sebaik-baiknya event LKS untuk mengasah keilmuan dan agar kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan secara rutin dan berkesinambungan.

“Dengan dilibatkannya juri dari kalangan akademisi, praktisi dan dunia usaha, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK di lingkungan profesional nantinya,” harap Wagub.

Sementara itu, salah satu juru lomba bidang, Muhammad Izzuddin ketika ditemui disela-sela pelaksanaan lomba menuturkan bahwa web design diikuti 44 peserta dari berbagai SMK di kawasan DIY.  “Lomba yang dilaksanakan merupakan satu kesatuan yang utuh, mengacu pada kemampuan praktek khususnya pada kemampuan desain, desain konten, dan pemrograman web,” ujar Izzudin.

Perlombaan ini menekankan pada kreativitas peserta, “Untuk desain sendiri harus memperhatikan beberapa aspek seperti webpage style (warna, layout, scheme, text, images), animasi, dan user friendly interface menggunakan CSS3 dan media yang disediakan berupa html serta video,” tuturnya.

“Dalam Server Side Programming, peserta kami minta untuk membuat aplikasi web interaktif menggunakan server side PHP dan MYSQL dengan Fungsionalitas dasar dalam web meliputi login dan logout user dan administrator, add, edit, delete data, searching data,” tutupnya.