Sharing Design dan Pengambangan Masyarakat dengan NYUST

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) melaksanakan program Visiting Professor dari College of Design, National Yunlin University of Science and Technology (NYUST), Taiwan (05/04/2019) dengan tema “International Design Forum”. Delegasi dari Taiwan terdiri dari Prof. Hwang, Shy-Huei, Ph.D., Associate Prof. Peng, LI-Hsun, Ph.D., dan Prof. Hsieh, Hsiu Ching, P.hD. 

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yoyakarta, Dr. Ir. Widarto, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa FT UNY juga telah memiliki perjanjian kerjasama dengan National Yunlin University of Science and Technology khususnya College of Humanities and Applied Sciences. Ia menambahkan bahwa dosen FT UNY juga beberapa menempuh pendidikan S-3 nya di Taiwan, salah satunya Yunlin.

“Tahun ini, sejumlah dosen kami juga berangkat untuk studi S-3 di Yunlin,”imbuhnya.

“Staf pengajar Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY, Ibnu Siswanto, Ph.D., tahun lalu mengikuti program Postdoctoral di Yunlin selama 3 bulan. Jadi saya rasa hubungan kerjasama dengan Yunlin telah berjalan dengan baik dan tentu harapan kami makin banyak relisasi agenda kerjasama lainnya dengan Yunlin,” tandas Widarto.

Kemudian dalam forum ini, Prof. Dr. Hwang, Shy-Huei yang merupakan Dekan College of Design dari National Yunlin University of Science and Technology memaparkan mengenai “Design for Rural Regeneration and Universities Social Responsibility”. Ia menjelaskan tentang peranan dari kampusnya dalam mengambangkan potensi di Laiji Village, Taiwan. “Kami turun ke Lajji Village dengan melakukan berbagai workshop pengembangan industri budaya yang berkelanjutan serta memberikan pelatihan blog dan website sebagai sarana promosi yang efektif. Bahkan para mahasiswa pascasarjana Yunlin kami tempat disana selama beberapa waktu utuk memandu dan memonitor perkembangannya," ujar Hwang.

Sedangkan Prof. Hsieh Hsiu Ching menjelaskan tentang “Integrating Social Practice into Design Education in Universities, Cross-Cultural Design Communication Forum: Taiwan and Indonesia Aboriginal & Traditional Co-Creation Design”. Associate Prof. Peng, LI-Hsun membagi pengalaman dan pengetahuannya dalamTribal Design Empowerment.

Dalam Sesi ini dosen-dosen khususnya dari Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana juga memaparkan hasil riset serta menunjukkan poster ilmiah mereka. Selain riset, dosen PTBB juga membagikan pengalaman mereka saat melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat untuk membantu mengembangkan potensi sebuah komunitas. Salah satunya proyek PPM berbentuk pembuatan bross untuk kaum disabilitas di daerah Sleman.