Terus Pastikan Kompetensi Lulusan Sesuai Standar Kebutuhan Industri

Fakultas Teknik telah menginisiasi pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UNY. Hal ini bermula dari Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Teknik yang sering dipercaya untuk mengadakan uji kompetensi oleh LSP P3, yakni LSP umum yang dapat dibentuk oleh asosiasi industri atau profesi.  Sedangkan yang dibentuk UNY adalah LSP P1 yang berfungsi untuk menguji kompetensi lulusannya sehingga mendapatkan sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Menurut Wakil Dekan bidang Akademik, Ir. Moh. Khairudin, Ph.D, LSP P11 akan melakukan uji bidang studi keteknikan terutama untuk mereka yang akan terjun ke dunia industri. Sedangkan sertifikasi pada prodi kependidikan dapat ditempuh melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).  

“Dengan adanya LSP P1 1 ini diharapkan dapat memastikan link and match antara kompetensi lulusan FT UNY dengan tuntutan kompetensi dunia industri,” terang Khairudin.

Secera detail ia merinci skema uji yang telah dimiliki FT UNY, yakni untuk Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana terdiri dari Asisten Desainer, Tata Rias sedangkan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan adalah Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif menwarakan skema uji meliputi Servis dan Pemeliharaan 5.000 km Sepeda Motor Karburator, Servis dan Pemeliharaan 5.000 km Sepeda Motor Injeksi, Servis dan Pemeliharaan 10.000 km Kendaraan Ringan Konvensional, Servis dan Pemeliharaan 10.000 km Kendaraan Ringan Konvensional Sistem Injeksi, dan Perbaikan Sistem Rem, kemudian Skema Uji dari Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika adalah Teknisi Instalasi Fiber Optik Muda, Teknisi Instalasi Fiber Optik Madya, Programmer, Network Administrator Muda, Network Administrator Madya. 

“Jurusan Pendidikan Teknik Elektro menyelenggarakan sertifikasi bidang keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik dan Programmable Logic Controllers (PLC),” terangnya.

“Selain itu, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin juga telah memiliki skema sertifikasi untuk Pengelasan, Pemesinan Bubut, Computer Aided Design (CAD), Computer Numerical Control (CNC),” ujar Khairudin.

“Total FT UNY telah memiliki 23 dosen yang memiliki sertifikat sebagai asesor,” tandasnya.