Alumni Pendidikan Teknik Informatika UNY Raih Penghargaan Alumni Award LPDP 2019

Hardika Dwi Hermawan, salah seorang alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada medio 2011-2015 di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, mendapat penghargaan alumni terbaik bidang pendidikan dalam Alumni Award LPDP 2019. Penghargaan diserahkan diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia yang didampingi oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Direktur Utama LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada Sarasehan LPDP 2019 yang dihadiri oleh ribuan alumni dan awardee (penerima beasiswa) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta (15/3/2019). Dalam kesempatan tersebut hadir jajaran Menteri Kabinet kerja seperti Menteri Luar Negeri, Menteri Perhubungan dan Kepala Koordinator Staf Khusus Presiden. 
Alumni Award LPDP merupakan pemberian apresiasi bagi Alumni LPDP terbaik yang mempunyai kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan. Pada tahun 2019, penghargaan diberikan untuk 4 katagori, yaitu Pendidikan, Lingkungan Hidup, Kewirausahaan Sosial (Digital dan Non Digital) serta Mata Garuda Award.

Dika, sapaan akrabnya, telah menyelesaikan studinya di Program Master of Science in Information Technology in Education (MITE), Faculty of Education University of Hong Kong (HKU). Faculty of education HKU sendiri berada di peringkat 4 dunia sehingga School of education HKU adalah yang terbaik di Asia berdasarkan Times Higher Education/THE. 
 “Saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut mengingat banyaknya alumni LPDP yang berasal dari kampus-kampus terbaik dunia lainnya termasuk dari Amerika seperti Harvard University, Colombia University hingga Oxford University di Inggris,”ujarnya.

“Saya yakin di sana ada banyak sekali putra-putri terbaik bangsa yang layak mendapatkan ini, saya persembahkan ini untuk mereka saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada LPDP dan pemerintah Indonesia yang telah mewujudkan mimpi saya untuk melanjutkan studi di luar negeri,” lanjut Dika
Dika sendiri telah memiliki lebih dari 20 karya dalam bidang teknologi pendidikan, 2 diantaranya telah mendapatkan HKI dan lebih dari 10 karya telah mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional hingga Internasional. Selain itu, dika juga telah memiliki 5 artikel terindex scopus dan akan bertambah 3 lagi pada tahun ini. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan asosiasi teknologi di tingkat nasional dan Internasional ini juga telah menerbitkan buku dengan judul “Yakin mau Kuliah di Luar Negeri?” dan sedang menggarap buku lainnya seputar Inovasi-inovasi teknologi era Industri 4.0 yang berkolaborasi dengan PhD student dari the University of Hong Kong. 
“Saya berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi alumni UNY yang mendapatkan kesempatan memperoleh beasiswa LPDP, karena selain beasiswa ini termasuk beasiswa penuh, jaringan yang di dapat jika mejadi bagian dari LPDP itu luar biasa, bukan hanya dari sabang sampai merauke, tapi seluruh dunia,” tutup Dika. (hryo)