Fashionpreneur ala Barli Asmara

Bagi sebagian orang untuk dikatakan modis berarti mesti bergaya trendi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Barli Asmara. Menurutnya desainer fashion harus menekankan pada your own fashion statement dan menciptakan tren.  “Kunci untuk menjadi modis adalah nyaman dengan gaya yang dipakai. Jika gaya yang dipakai tidak mewakili kepribadian, ya tidak perlu diikuti,” lanjut Barli. 

"Tren memang berubah, tetapi kalau sesuatu yang lagi tren sekarang tidak cocok dipakai, sebaiknya jangan dipakai. Lebih baik memiliki personal style sebagai ciri khas," ujar Barli Asmara dalam Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC) yang diikuti dosen  dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (04/09/2018). 

"Memang kita tetap mesti melihat tren terkini, apa sih yang sekarang banyak diminati, misalkan busana muslim lagi musim outer, ya kita kemudian bisa bikin seperti itu tapi dengan ciri khas dari karya kita," jelasnya.

Barli Asmara, yang juga didapuk sebagai juri WIYDC 2018 ini mengajak mahasiswa untuk dapat mencari inspirasi yang seluas-luasnya, tanpa batas dalam menciptakan sebuah karya. 

Barli Asmara sendiri memang telah diperhitungkan sebagai salah satu fashion designer berpengaruh di Indonesia. Ia mampu membuat banyak orang terpukau dengan karyanya di panggung runway di Jakarta hingga New York. Namun, ternyata seorang Barli Asmara juga mengalami pasang surut perjalanan karier di dunia yang membesarkan namanya tersebut. 

"Karir dan segala pencapaian ini tidak instan tapi butuh perjuangan. Banyak yang tidak tahu bagaimana perjuangannya meniti karir hingga kini sudah 15 tahun saya berkarya. “Bahkan saya pernah menjadi pesuruh di rumah batik, hal  ini dilakukan agar bisa dekat dengan cita-cita saya untuk menjadi seorang designer," kenang Barli. 

Tak hanya itu, ia memulai karirnya dari show pentas seni remaja, cerita tentang workshop pertamanya di gang kecil yang becek hingga kisahnya yang tidak mampu membayar taksi ke sebuah acara fashion show.

Dengan segala pengalamannya itu, Barli berharap para mahasiswa tidak mudah menyerah dalam menggapai cita-cita. Menurutnya, tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai selama kita tidak menyerahkan passion begitu saja dan terus mengasah determinasi.

“Bekerja keras, semangat, jangan andalkan idealisme untuk diri sendiri, tidak boleh egois, harus berbagi, raihlah mimpi, dan ucapkanlah dengan hal-hal positif supaya kebaikan bisa kembali kepada diri kita sendiri,” begitu nasehatnya kepada para mahasiswa.