FT UNY Gandeng MPPI untuk tingkatkan JPTK

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerjasama dengan Masyarakat Peneliti Pendidikan Indonesia (MPPI) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono dengan ketua MPPI, Prof. Sukardi, Ph.D., di ruang Sidang FT UNY (29/03-2016).

MPPI sendiri adalah suatu organisasi Profesi yang bergerak di bidang penelitian pendidikan dan bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY.
Dr. Moch. Bruri Triyono dalam sambutannya menerangkan bahwa terjalinnya kerjasama dengan MPPI adalah sebuah langkah awal bagi Tim JPTK untuk meningkatkan kinerja demi mengejar target menjadikan JPTK sebagai jurnal terakreditasi nasional. “Kualitas jurnal ilmiah adalah wujud eksistensi dan prestige dari sebuah perguruan tinggi sehingga jelas keberdaan jurnal ilmiah menjadi sangat penting terlebih lagi jurnal yang terakreditasi DIKTI”, imbuhnya.

“Proses yang ketat dalam akreditasi menunjukkan keseriusan DIKTI dalam menjaga KUALITAS jurnal-jurnal yang terakreditasi dan marilah proses tersebut kita lalui bersama dengan ketekunan dan kerja keras,” tutup Dekan FT UNY.

Sementara itu, Prof. Sukardi, Ph.D., yang juga merupakan Guru Besar Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, dalam sambutannya menyuntikkan semangat kepada tim JPTK FT UNY untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan. “Ini adalah misi yang mulia sebagai wujud kontribusi kita semua dalam peningkatan pendidikan khususnya bidang teknologi dan kejuruan,” paparnya.

Prof. Sarbiran yang juga merupakan anggota MPPI menambahkan, “Quality is about passion and pride” maka saya mengharapkan tim pengelola JPTK menunjukkan semangat yang menggebu dalam memimpin dan mengelola JPTK sehingga jurnal ini dapat segera “naik kelas”, ucapnya.