FT UNY kembali berkolaborasi dengan Yamaguchi University

Yamaguchi University Management of Technology (YUMOT), Jepang kembali mengirimkan mahasiswanya untuk berkolaborasi di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (7-17/2015). Kolaborasi FT UNY dengan Yamaguchi telah berlangsung lama dan telah menghasilkan konsep design produk yang nyata. Ini adalah kali ketiga dimana Yamaguchi mengirimkan mahasiswanya ke FT UNY untuk berkolaborasi dalam bidang mekanik.

“Tahun ini yang berbeda adalah mahasiswa yang dikirim merupakan mahasiswa program Master yang berjumlah dua orang dan Doktoral tiga orang untuk menghasilkan konsep design bersama mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin,” jelas Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono setelah seremoni pembukaan kolaborasi FT UNY -Yamaguchi.

Dr. Moch. Bruri Triyono, dalam sambutannya saat opening ceremony “Design Collaboration Teaching FT UNY-YUMOT” berujar bahwa kolaborasi ini merupakan agenda yang sangat penting bagi peningkatan keompetensi mahasiswa. “Dalam kolaborasi ini mahasiswa akan belajar, bekerja dan berkreasi bersama dengan tengat waktu yang sangat terbatas”, ucapnya.

“Sehingga mereka mesti bekerja dengan cepat dan akurat untuk menghasilkan produk yang sesuai standar internasional”, imbuhnya

“Semoga konsep-konsep desain yang telah dihasilkan bisa segera teralisasi menjadi produk yang benar-benar dapat memberi manfaat bagi masyarakat”, harapnya.

Sementara itu, Dr. Eng. Didik Nurhidayanto, selaku dosen pendamping dari UNY ditemani Prof. Shigeyuki Haruyama, pembimbing dari Yamaguchi menjelaskan bahwa kolaborasi tahun ini mengusung topik “Green Transportation to develop tourism and soybean sewing tool”.

Hasil dari kolaborasi ini adalah menemukan konsep desain yang tepat untuk alat transportasi ramah lingkungan khusunya untuk daerah-daerah wisata dan juga alat untuk meningkatkan produktivitas petani kedelai.