HIMANIKA Short Course 2015

Guna menambah wawasan dan pengetahuan baru, HIMANIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika) mengadakan short course bagi mahasiswa jurusan pendidikan Teknik Elektronika. Acara yang bernama Himanika Short Course (HSC) kali ini mengangkat tema “Penerapan Embedded System dan Real Sense dalam Teknologi Pendidikan Kreatif”. Kegiatan HSC merupakan kuliah umum yang rutin diadakan setiap tahun oleh Departemen Penalaran HIMANIKA.

Kegiatan HSC diselenggarakan di Aula FT UNY, Minggu (29/03/2015) dengan menghadirkan dua praktisi dibidang embedded system dan Real sense. Embeded system adalah sistem yang tertanam pada sebuah perangkat untuk suatu fungsional tertentu. Sementara Realsense adalah teknologi baru pada camera yang mampu memetakan sebuah objek tanpa harus menggunakan alat ukur.

Materi pertama diisi oleh Bapak M. Husna Mubarak penulis buku di bidang embedded system. Pada materinya disampaikan mengenai pengenalan Embedded System, tools yang dapat digunakan serta pemanfaatannya terutama dalam bidang pendidikan. Selain itu, beliau memberikan motivasi dan tips agar mahasiswa dapat menjadi penulis buku. “Untuk dapat menulis, perbanyaklah membaca, kemudian berdiskusi, dan terakhir adalah tuliskan,” ujar penulis buku dengan judul System Control via WEB dengan CGL, PHP, dan Ajax.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Aulia Faqih, beliau merupakan Intel Software Innovator di Indonesia. Mengawali presentasinya beliau memberikan pernyataan motivasi bahwa mahasiswa sekarang banyak yang kurang percaya diri sebagai mahasiswa terutama kepercayaan diri dalam berinovasi.

“Mark Zurkberg, Bill Gates, dan Steve Jobs adalah orang sukses yang sebelumnya juga seorang mahasiswa” Ujar Dosen UIN SUKA tersebut memotivasi mahasiswa. Pada pemaparannya beliau mengenalkan tentang Intel RealSense, teknologi baru dari Intel yang menambahkan “Sense” pada komputer, tanpa sensor dan touch. Fitur-fitur dari teknologi Real Sense dijelaskan secara detail dan contoh pengembangan teknologi ini juga didemokan didepan peserta.

Kegiatan yang juga diikuti dengan sesi tanya jawab dan sesi hiburan dari Kelompok Musikalisasi Puisi “Sengat Lebah” tersebut cukup banyak menarik perhatian dan minat mahasiswa. “Tema yang diangkatan HSC tahun ini sangat update, seperti perkembangan teknologi RealSense. Sehingga para peserta lebih melek Teknologi terbaru,” ujar salah satu peserta HSC 2015. (afr/meg)