ISTW Dukung Penuh GURT Ke Jepang dan Korea

Indonesia Steel Tube Works (ISTW), perusahaan yang bergerak dalam pembuatan Mechanical Tube Galvanized dan Black Pipe mendukung penuh Garuda UNY Racing Team. ISTW merupakan perusahaan joint venture antara Indonesia dengan Jepang. Perusahaan ini mendukung penuh segala bentuk kegiatan dalam ranah pendidikan.

Garuda UNY akan mengikuti kompetisi pembuatan mobil formula kelas dunia, 2015 International Student Green Car Competition (ISGCC) pada 29-30 Mei 2015 di Seoul, Korea Selatan dan 2015 Student Formula Japan pada 1-5 September 2015 di ECOPA ( Ogasayama-Sports; Shizouka-ken ) Jepang.

ISTW mendukung GURT dalam pembuatan rangka mobil. Seperti yang dikemukakan oleh Yohanes Aji Pamungkas, divisi machining delegasi 2015 SFJ, ISTW memberi dukungan berupa bahan untuk pembuatan rangka yaitu pipa baja kustom.

“Kami bekerjasama dengan ISTW karena ISTW mampu memenuhi kebutuhan GURT untuk pembuatan rangka mobil.” Kata Yohanes Yohanes mengungkapkan bahwa pembuatan rangka dimulai dengan membuat gambar kerja, lalu menggunakan jig and fixture untuk membantu pembuatan rangka. Bahan berupa plat strip MS dengan dimensi lebar 100 mm, tebal 9 mm, panjang 6 meter dapat digunakan untuk membuat jig sebanyak 7 buah. Pengerjaan jig dibuat menggunakan proses pemesinan dan pengelasan. Proses manufaktur rangka dimulai dengan pembuatan rangka depan, main hoop, mendirikan roll hoop, rangka belakang, dan bracket.

“Pembuatan rangka sudah mencapai 75%. Proses penyambungan menggunakan Las Tig 160 Ampere dengan gas argon sebagai bahan pelindung lasan. Pembuatan rangka dibantu dengan proses pemesinan untuk membuat bentuk pola sambungan. Hal ini diharapkan bisa mempercepat proses pengerjaan dan hasil lebih presisi.” Ungkap Yohanes (Anis)