Juara 1 Lomba Rancangan Perangkat Lunak pada FIT TECH 2014

Mahasiswa UNY kembali menorah prestasi. Kali ini giliran dua mahasiswi dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yang merebut juara pertama pada Lomba Perancangan Perangkat Lunak di FIT TECH 2014. Mereka adalah Tim Meleg IT yang terdiri dari Meganingtyas dan Eka Legya Frannita dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2011. Dengan mengusung rancangan “Bookist Aplikasi Review Buku Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”, tim Meleg IT berhasil mendapatkan score tertinggi diantara tim lain.

 “Aplikasi ini awalnya kami kembangkan untuk Tugas pada Mata Kuliah Pengembangan Sistem Berorientasi Objek, salah satu mata kuliah untuk Interaksi Manusia dengan Komputer yang diampu dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dr. Ratna Wardani. Ketika dapat informasi lomba RPL di UKSW kami ikut sertakan lomba sekalian, ” ungkap Meganingtyas.

“Bookist adalah aplikasi review buku dengan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini memungkinkan calon pembaca atau pembeli buku melihat review dan synopsis buku baik berupa tulisan maupun video. Review dan synopsis akan muncul hanya dengan menyorot cover buku dengan kamera,”lanjutnya. 

Lomba Rancangan Perangkat Lunak FIT TECH sendiri merupakan event dari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) - Salatiga. Pada awal perlombaan, peserta di minta untuk mengumpulkan proposal rancangan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Seleksi proposal dilakukan untuk menentukan lima tim terbaik. Lima tim tersebut berasal dari UNY, UKSW, AKAKOM, dan Univeristas Sanata Dharma. Kelima tim kemudian harus mempresentasikan rancangan dan prototype pada tanggal 6 Maret 2014 di Gedung Fakultas Teknologi Informasi UKSW Salatiga.

Poin penilain pada lomba kali ini adalah pada Sistematika proposal, metode yang digunakan, metode pengembangan, inovasi & kebermanfaatan, presentasi dan penampilan serta penguasaan saat menjawab pertanyaan Juri.

“Kami mempresentasikan rancangan kami didepan tiga juri yang ahli dalam bidang Pengembang software. Kami mendapatkan respon baik dan juri tertarik dengan rancangan aplikasi kami. Juri juga memberikan banyak masukan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.” Setelah proses presentasi skor penilaian diakumulasi, dan didapatkan pemenang juara dari Tim Meleg IT UNY, disusul juara kedua dari UKSW serta juara ketiga dari Universitas Sanata Dharma. (meg)