Magang di Sanyo Tec dan Kowa Tech Jepang

Perwakilan dua perusahaan Jepang yakni Presiden Direktur Sanyo Tec CO.,LTD, Mr. Asano Kimitaka dan Wakil Direktur Kowatech CO.LTD, Mr. Yoshio Asama menyambangi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk bertemu dengan pimpinan fakultas serta menyapa segenap mahasiswa calon peserta magang di perusahaan mereka (02/08/2019).  Sanyo Tec Co LTD merupakan perusahaan yang bergerak di industry alat-alat berat sedangkan Kowa Tech adalah perusahaan Jepang yang didirikan pada tahun 2011. Lini bisnis perusahaan meliputi pembuatan atau perakitan mobil penumpang lengkap.

Sembilan mahasiswa berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Pendidikan Teknik Mesin akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti program magang ini. Wakil Dekan bidang Akademik, Moh. Khoirudin, Ph.D menjelaskan untuk waktu pemberangkatan masih menunggu beberapa syarat perizinan. “Magang ke Jepang telah menjadi program berkelanjutan bagi FT UNY dimana sebelumnya kami juga telah mengirimkan mahasiswa ke Domremy Co., Ltd dan Sagami Co.Ltd,” ujarnya.

“Selama di Jepang, meraka benar-benar bekerja secara profesional dan mendapat gaji bulanan sesuai standar perusahaan,” ujarnya.

"Saya yakin banyak sekali manfaat yang diperoleh dari budaya dan gaya hidup selama tinggal di Jepang seperti kedisiplinan, etos kerja keras, pola pikir pemecahan masalah, inovasi, kreativitas sehingga akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas internasional," lanjutnya.

Melakukan program internship di luar negeri maka tentu bukan hanya semata menambah bobot dari curriculum vitae namun lebih kepada ilmu, networking dan pengalaman yang tak tenilai,” bebernya.