Mahasiswa FT UNY Kembangkan Aplikasi Untuk Sinopsis Dan Review Buku

Teknologi digital makin berkembang, diantaranya teknologi yang terkait user atau pemakai teknologi tersebut. Pengguna saat ini dirancang untuk bias sedekat mungkin dengan dunia digital. Teknologi Augmented Reality atau biasa disebut AR merupakan salah satu teknologi yang diciptakan untuk memberikan pengalaman digital sedekat mungkin bagi pengguna. Teknologi AR merupakan gabungan dari objek virtual dan objek nyata, yang bersifat interaktif atau animasi 3D.

Dengan memanfaatkan teknologi AR, dua mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Meganingtyas dan Eka Legya Frannita, membuat sebuah aplikasi untuk review dan synopsis buku.  Aplikasi itu dilatarbelakangi dari seringnya menemui kesulitan untuk mengetahui isi buku dan review buku saat akan membaca atau membeli buku.

“Kita sering merasa kesulitan ketika harus mencari buku yang  dibutuhkan. Kadang harus mencari di internet, atau komputer data di took buku.Itu pun belum tentu tahu isi buku jika buku masih disegel. Kami membuat aplikasi Bookist agar memudahkan pengguna mengetahui isi buku, bisa berupa synopsis maupun review buku,” ungkap Eka salah satu pengembang aplikasi ini.

Dengan Bookist, pengguna tinggal menyorotkan smartphone ke cover buku atau catalog buku. Kemudian aplikasi akan menampilkan synopsis atau review buku baik berupa video maupun tulisan.

“Saat ini kami sedang mengembangkan fitur penjualan. Jadi setelah mengetahui synopsis atau review buku, pengguna bias membeli langsung dari perangkat mobilenya.” Rancangan aplikasi Bookist ini sudah berhasil merebut juara 1 pada Lomba Rancangan Perangkat Lunak di Universitas Kristen SatyaWacana pada bulanMaret 2014. (meg)