Media Pembelajaran Perakitan Komputer Karya Mahasiswa

Ahmad Fauzan, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Faklutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Media yang diimplementasikan pada software Adobe Flash CS3 Profesional ini bertujuan untuk menarik semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih gemar belajar perakitan computer.

Fauzan, sapaan akrabnya menejalskan latar belakang proyek akhir dibawah bimbingan Dosen Pendidikan Teknik ELektronika, Handaru Jati, Ph.D adalah karena terbatasnya  infrastruktur komputer sebagai media pembelajaran merakit komputer baik  keterbatasan dari segi kualitas maupun kuantitas. “Pada umumnya sekolah menyediakan komputer dengan spesifikasi terbatas karena tingginya  kemungkinan terjadinya kerusakan pada media pembelajaran yang digunakan. Selain itu, sering terjadi hambatan komunikasi dalam proses pembelajaran perakitan computer karena biasanya guru hanya menjelaskan secara lisan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain, misalnya gambar, bagan, model, dan sebagainya”, jelasnya.

Fauzan menjelaskan pada saat program media ini dijalankan tampilan akan langsung  full screen,  kemudian program akan masuk pada halaman  loading yang memeriksa keutuhan file seperti besar kapasitas yang digunakan dam menu-menu yang diload dari program utama.

Setelah proses tersebut selesai maka akan secara otomatis masuk ke halaman pembuka. “Halaman Pembuka terdiri dari animasi  pembukaan yang berisi judul media pembelajaran  perakitan komputer  untuk SMK. Kemudian terdapat tombol enter untuk masuk ke halaman menu utama. Pada menu utama akan disajikan tombol yang disusun secara horisontal untuk menuju ke masing-masing halaman, yaitu halaman kompetensi, materi, quiz, about us, dan help. Materi-materi yang terdapat dalam media ini adalah materi pengertian komputer, struktur komputer, perangkat input output komputer, casing, power supply, processor, mother board, memory, cara perakitan computer dan soal evaluasi tentang perakitan computer,” tuturnya.   

"Untuk mengakses software  tersebut diperlukan 1 unit komputer dengan spesifikasi minimal yaitu sistem operasi windows XP dengan processor minimal 1 GHz, RAM 512 Mb, VGA onboard, DVD room atau CD room, keyboard dan mouse," lanjutnya. (haryo)