Pegawai Direktorat Nasional Transportasi Darat Timor Leste dilatih di FT UNY

Pegawai Direktorat Nasional Transportasi Darat Kementrian Transportasi dan Komunikasi Timor Leste berlatih mengenai identifikasi karakteristik kendaraan bermotor di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (6-17/10-2014). Direktur Nasional Transportasi Darat Timor Leste, Bapak Natalino, yang mendampingi langsung rombongan saat seremoni pembukaan mengeungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya karena pihaknya mampu bekerja sama dengan UNY untuk melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) ini.

“Kami telah melihat kiprah Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakart (FT UNY)sehingga kami rasa kampus ini sangat cocok bagi staf kami untuk belajar tentang identifikasi kendaraan bermotor”, ungkap Natalino.

“Selain itu, fasilitas yang ada disini (FT UNY) cukup lengkap sehingga dalam pelatihan staf kami dapat praktik secara langsung dan saya rasa itu merupakan hal yang sangat positif untuk meningkatkan kompetensi mereka”, tambahnya.

“Semoga pelatihan ini menjadi sebuah awal karena kami berharap kedepan agenda – agenda kerja sama dengan UNY dapat terus dijalankan dan diperluas”, harap Direktur Nasional Transportasi Darat Timor Leste.

Sementara itu, Rektor UNY, Prof.Dr.Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., saat membuka Diklat ini menyampaikan apresiasi tinggi atas kepercayaan Pemerintah Timor Leste kepada UNY khusunya Fakultas Teknik. “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk turut mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia Timor leste dan kami akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya”, tutur Rektor UNY.

“Menjatuhkan pilihan kepada FT UNY untuk belajar tentang Kendaraan bermotor adalah tepat, kata Rektor UNY,  karena FT UNY benar-benar all out  dalam mengembangkan inovasi-inovasi teknologi dimana hal ini dibuktikan dengan segudang prestasi yang diraih baik dosen maupun mahasiswa FT UNY”.

“Mobil listrik, kincir angin, desain jembatan, robot, serta aplikasi-aplikasi lain yang dikembangkan FT UNY telah menjuarai beberapa event lomba baik nasionla maupun internasional dan hal ini membuktikan bahwa anak didik kami mampu bersaing pada tingkat dunia”, imbuh Prof.Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.    

Kemudian Rektor UNY menambahkan bahwa pihaknya sangat terbuka untuk agenda-agenda kerja sama lainnya seraya berharap agar kebersamaan ini dapat membawa manfaat positif dan nyata untuk kedua institusi serta Indonesia dan Timor Leste pada umumnya.

Sementara itu Dekan FT UNY, Dr.Moch Bruri Triyono dalam kesempatan terpisah menyatakan bahwa Diklat ini mencakup empat bidang identifikasi kendaraan bermotor, yakni Registrasi kendaraan, Teknik Kendaraan, Manufaktur serta Karakteristik. “Dalam hal Teknik Kendaraan akan diampu oleh dosen-dosen kami dari Pendidikan Teknik Otomotif seperti Dr. Zainal Arifin, Moch. Solikin, M.Kes., dan Tiwan, M.T.”, bebernya,

“Sedangkan bidang lainnya, kami akan menggandeng pihak luar seperti registrasi kendaraan akan diisi pemateri dari Polda DIY, karakteristik kendaraan oleh Dinas Perhubungan DIY serta manufaktur akan dipandu dari pihak industri”, tutup Dekan FT UNY. (hryo)