UJi Kompetensi Boga : Membekali Mahasiswa Dengan Sertifikat "Pengakuan" Ketrampilan

Program Studi Pendidikan Teknik Boga Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan uji komptetnsi bidang jasa boga bagi mahasiswa S1 dengan menggandeng Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) Pariwisata Wiyata Nusantara di laboratorium Boga FT UNY (26/10). Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Sutriyati Purwanti, M.Si, menjelaskan bahwa agenda ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan sertifikat pengakuan kompetensi atau ketrampilan.

"Sertifikat kompetensi atau pengakuan ketrampilan tertulis semacam ini sangatlah penting karena akan sangat dibutuhkan setelah mahasiswa lulu dan menapaki dunia kerja di industri ", ungkapnya.

lebih jauh Sutriyati Purwanti, M.Si, menjelaskan bahwa dalam uji kompetensi ini ada 4 unit komptensi yakni, menyajikan, mengorganisir makanan, mebersihkan perhelatan, serta menyiapkan appetizer atau salad. "Selain mempraktikan secara langsung, ada pula sesi wawancara dengan Assesor, dengan sesi terungkap sejauh mana wawasan dan landasan teori mahasiswa ". imbuhnya.

Sementara itu salah satu Assesor LSP Wiyata Nusantara, Hermawan bahwa pafa uji kompetensi semacam ini hal yang paling ditekankan adalah mengamati dan memastikan bahwa apa yang dilakukan mahasiswa sudah sesuai dengan SOP-nya. " Mulai dari standar resep hingga penyajian akhirnya untuk memastikan kualitas dari olahan tersebut ". jelasnya.

Hermawan menambahkan bahwa menjadi Assesor di Program Studi Pendidikan Teknik Boga bukanlah kali pertama. " Ini sudah kedua kalinya saya menguji mahasiswa disini dan selama ini saya melihat kemampuan dasar mereka sudah sangat baik bahkan belum pernah saya temui ada mahasiswa yang remidi ", imbuhnya. (hryo)