UNY Juara 3 Lomba Eco House Design Competition 2015

Tim Bimasena Divisi Rancang Bangun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rekayasa Teknologi UNY kembali menorehkan prestasi di event berskala nasional yakni Eco House Design Competition yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) UGM pada tanggal 23 Mei 2015 lalu  di foodpark BNI UGM. Dalam event  tahunan yang mengangkat tema “Kampung Nelayan” tersebut, Tim Bimasena UNY berhasil meraih Juara 3.

Tim ini terdiri dari empat orang mahasiswa dan satu dosen pembimbing yang semuanya berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanan FT UNY. Keempat mahasiswa tersebut adalah Agus Setyawan (ketua tim, Taufiq Budi, Dzulfiqar Adam, dan Enik Ernawati. Sedangkan dosen pembimbing tim adalah Retna Hidayah,Ph.D.

Dalam kesempatan kali ini, tim mempersembahkan maket perumahan dengan desain rumah yang memiliki konsep recovery (Green eco recovery residence of Yogyakarta). Konsep Recovery dikembangkan dengan menekankan pembangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta memiliki fungsi ekonomis, perumahan tersebut memiliki inovasi rumah asap ikan (Bloater House) di setiap rumah. Dengan adanya inovasi Bloater House ini diharapkan nelayan memiliki penghasilan tambahan selain dari melaut yang merupakan pekerjaan utama dari nelayan.

“Sebuah  kebanggaan tersendiri bagi tim Bimasena UNY setelah berhasil meraih juara 3, hal tersebut dikarenakan lawan dalam perlombaan tersebut sebagian besar berasal dari jurusan arsitek yang sejalan dengan bidang lomba. Akan tetapi, dengan kerja keras tim dan doá serta bantuan dari teman-teman jurusan dan dosen, tim berhasil lolos seleksi awal dan mendapatkan posisi 3 pada saat pengumuman lomba. ” ujar Agus.

Semoga dalam lomba yang diadakan pada tahun depan, UNY bisa ikut berlomba lagi dan mendapat juara yang lebih baik lagi. (pii)