Validasi Instrumen Penelitian Luar Negeri betemakan OSH

Dua delegasi dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. phill. Nurhening Yuniarti dan Muhfizaturrahmah, M.Eng. bertolak ke Bandar Seri Begawan untuk melakukan validasi instrumen dari kegiatan Penelitian Kerjasama Luar Negeri dengan topik Occupational Health and Safety (OHS) Institute of Brunei Technical Education (IBTE) (29-30/07/2019). Delegasi FT UNY ini diterima oleh Zaharuddin Haji Abd Rahman, Head of Health, Safety, and Environment (HSE) Campus HSE Officer serta Mohammad Erman bin Haji Jais, Expert HSE di IBTE.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait instrumen yang telah disusun oleh tim peneliti. Menurut Nurhening, seorang dosen atau juga peneliti, pada era globalisasi sekarang ini, selain dituntut untuk dapat melakukan kerjasama penelitian dengan peneliti lainnya di dalam negeri, juga diharapkan mampu melakukan kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri.

“Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga melalui kerjasama dengan pihak luar negeri diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan jumlah publikasi hasil penelitian dari para peneliti Indonesia dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional“ ujarnya.

“Kolaborasi ini juga sangat baik untuk pertukaran ilmu pengetahuan sebagai recharge energi baru bagi para peneliti,” imbuhnya.

“Harapannya penelitian level internasional ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk melakukan inovasi dan diterapkan dalam industri sehingga menjadi 'output' riset tidak hanya berhenti di hasil publikasi saja namun mesti di terapan sesuai arahan Menristekdikti," bebernya.

“Selain berdiskusi di IBTE, kami juga mengunjungi kantor SEAMEO VOCTECH untuk menjajaki kemungkinan kerjasama seperti joint publication dan training di bidang vokasi,” tutup Nurhening.