Aplikasi Sejarah Indonesia KaryaMahasiswa FT, 4 BesarLomba Mobile Apps Nasional

Tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2011, kembali mengukir prestasi. Mereka adalah Miftah Rizqi Hanafi.Sidik Nurcahyo dan Azis Amirulbahar. Ketiga mahasiswa yang tergabung dalam tim  RAS beberapa waktu lalu berhasil merebut juara keempat dalam Lomba Aplikasi Mobile Windows Phone 8 UMDC (UIN Micro Developing Competition) yang merupakan kompetisi tingkat nasional dari UIN Jakarta.

Dengan aplikasi berjudul “Cerita Indonesia”, tim RAS berhasil lolos dari 40 tim lain dalam seleksi aplikasi, dan maju presentasi 5 besar di Jakarta.  Cerita Indonesia merupakan aplikasi yang menceritakan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Aplikasi pembelajaran ini digunakan oleh para pelajar untuk belajar sejarah ataupun masyarakat umum untuk menambah wawasan mereka tentang sejarah perjuangan bangsa. Aplikasi ini mengemas sejarah berbasis timeline sejarah yang ada, sehingga user dapat dengan mudah memahami materi sejarah Indonesia secara urut dan runtut,” ungkap Azis salah satu anggota tim.

“Aplikasi ini menggunakan gambar ilustrasi tertentu untuk menambah daya ingat dan daya tarik user  terhadap materi sejarah yang ada. Penggunaan aplikasiini juga dibuat semudah mungkin, yakni dibuat dengan basis panorama, sehingga prinsip utamanya adalah menggunakan swiper.”

“Menurut kami pembelajaran sejarah sekarang kebanyakan masih klasikal, guru menjelaskan di depan murid hanya mendengarkan. Penggunaan teknologi masih minim dalam proses pembelajaran, terutama sejarah. Maka kami mulai membangun aplikasi Cerita Indonesia ini”, papar Azis mengenai latar belakang pembuatan aplikasi.

Aplikasi Cerita Indonesia sendiri sudah bias diunduh secara gratis di Windows Phone Store. Tim RAS berharap dengan adanya aplikasi Cerita Indonesia dapat memberikan alternative media pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia yang lebih fresh dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. (meg)