Apresiasi Pejuangan Tim Robotika UNY dalam KRI 2019

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyambut kontingen Tim Robotika (27/06/2019) yang telah berjuang tanpa lelah dalam Kontes Robot Indonesia 2019 tingkat Nasional  di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Dalam pertandingan kali ini Tim Robotika UNY berhasil memperoleh beberapa juara, diantaranya, Juara 2 divisi KRAI dengan nama tim MAESTRO_EVO, Juara 2 divisi KRTMI dengan nama tim ABHINAYA, dan Juara Harapan 1 divisi KRSBI Humanoid dengan nama tim AL-AADIYAT.

Dosen pembimbing Tim Robotika UNY, Herlambang Sigit Pramono, M.Cs., menjelaskan bahwa timnya mempertandingkan 6 Divisi lomba pada KRI 2019 Tingkat Nasional, diantaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI Humanoid), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki), dan divisi baru Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dengan tema perlombaan robot penanam padi. 

“Walau mengalami penurunan prestasi karena tidak dapat mempertahankan juara pada divisi KRSTI dan KRSBI Beroda seperti tahun-tahun sebelumnya, ketiga divisi di atas berhasil meningkatkan kemampuan mereka karena telah berhasil memecah rekor juara nasional yang belum didapat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Widarto, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi atas sumbangsih dan kerja keras yang diberikan seluruh tim. “Walaupun mungkin target belum tercapai, namun kami yakin banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kompetisi ini,” lanjutnya.

“Kami berharap hasil ini bisa menjadi bahan eveluasi menyeluruh sehingga tahun depan kita akan kembali berjuang dengan semangat yang lebih kuat dan persiapan yang makin matang,” paparnya.