Asesmen Lapangan Daring Prodi Teknik Elektro – S1

Program Studi Teknik Elektro (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (23–24/04/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Andani, M.T. (Universitas Hasanuddin) dan Ir. Eniman Yunus Syamsuddin, Ph.D. (Institut Teknologi Bandung). AL diawali acara pembukaan dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. dalam paparannya menerangkan bahwa FT UNY memiliki 25 Program Studi yang terdiri dari S2 Pendidikan Teknik, S1 Pendidikan Teknik, S1 Teknik, D4 Teknik dan 1 Program Profesi Insinyur.

“Kemudian, kami terintegrasi dengan sejumlah 42 sistem informasi di UNY untuk mendukung kegiatan managerial, kemahasiswaan, akademik, pembelajaran, pengembangan SDM, keuangan dan sarana prasarana, Penelitian serta Pengabdian masyarakat yang kesemuanya dapat diakses dengan Single Sign On (SSO),” lanjut Dekan FT UNY.

Prof. Andani menyampaikan bahwa dirinya dan Bapak Eniman, Ph.D. pada dasarnya hanya bertugas untuk melakukan verifikasi atas borang yang sudah dikirim Unit Pengelola Program Studi (UPPS) ke BAN-PT.

“Mulai tahun 2020, FT UNY juga telah menerapkan kurikulum dengan konsep Merdeka Belajar - Kampus Merdeka sesuai dengan kebijakan Kemendikbud,”ujarnya.

Pada hari ke dua dilakukan wawancara atau konfirmasi dengan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, serta penyampaian umpan balik. Sesi ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan. Sementara itu, pada penutupan dilakukan pengecekan dan penandatanganan berita acara AL serta penyampaian kesimpulan dari proses AL yang telah dilakukan asesor.

Hasil asesmen langsung akreditasi Prodi Teknik Elektro ini akan diumumkan beberapa minggu ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lainnya di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT.