Asesmen Lapangan Program Studi Mesin Otomotif Sarjana Terapan (D4)

Program Studi Mesin Otomotif Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Rabu – Kamis (02–03/06/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Suharyadi Pancono, Dipl. Ing. HTL. M.T., (Politeknik Manufaktur Bandung) dan Prof Dr.Ir.Dipl.-Ing. Berkah Fajar Tamtomo Kiono (Universitas Diponegoro). AL diawali acara pembukaan dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO.

Rektor UNY menyampaikan bahwa Prodi D4 Mesin Otomotif merupakan salah satu andalan di UNY yang selalu berkomitmen untuk berkontribusi pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Bahkan eksistensi prodi ini telah menyumbangkan berbagai prestasi baik di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya

“Melalui forum ini kami berharap mendapat masukan, kritik maupun feedback dari bapak-bapak asesor sehingga kami dapat meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan prodi di lingkungan UNY,” tandas Rektor UNY.

Sementara itu, Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., menyampaikan bahwa Program Studi Mesin Otomotif Sarjana Terapan (D4) merupakan metamosfosis dari D3 Teknik Otomotif berdasarkan arahan dari Dikti yang diharapkan penguatan jenjang sarjana terapan atau D4 yang menjadi jawaban bagi tantangan industri masa depan.

“Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi tenaga kerja kita sesuai dengan tuntutan dunia kerja sehingga lulusan tidak hanya terampil di bidangnya tetapi juga memiliki kemampuan untuk menjadi kreator, inovator hingga pemimpin,” lanjut Dekan FT UNY.

Suharyadi Pancono, Dipl. Ing. HTL. M.T., dalam sambutannya bahwa progres di UNY cukup baik bila melihat sudah cukup banyak prodi-prodi yang telah terakreditasi A. “Jadi selama kurang lebih dua hari ini kita akan lebih banyak sharing dengan mematuhi kode etik yang telah ditetapkan BAN-PT,” ujar Suharyadi Pancono, Dipl. Ing. HTL. M.T.

Sementara itu, Prof Dr.Ir.Dipl.-Ing. Berkah Fajar Tamtomo Kiono dalam sambutannya menjelaskan proses akreditasi kurang lebih bersifat klarifikasi terkait dokumen-dokumen yang telah dikirimkan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.