Ayo Kuliah Fakultas Teknik UNY! Raih Kesempatan Magang di Jepang dan Sertifikasi Kompetensi

Menyambut tahun ajaran baru, Fakultas Teknik UNY promosikan Penerimaan Mahasiswa Baru melalui aplikasi Zoom, Kamis (8/4/2021). Tiga pembicara hadir di ruangan tersebut yakni Dekan, Prof. Drs. Herman Dwi Surjono, Ph.D.; Wakil Dekan Bidang Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, M.Si.; dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Darmono, MT. Peserta yang bergabung di forum ini terdiri dari berbagai macam kalangan, ada siswa SMA/ SMK kelas 3, guru, dan orang tua yang sedang mencarikan kampus terbaik untuk kelanjutan studi anak mereka.

Acara yang dibuka gratis untuk umum ini mengusung konsep bincang santai. Topik yang dibicarakan tentu saja bersinggungan dengan segala usaha yang ditempuh Fakultas Teknik UNY agar mampu terus berjalan sesuai dengan visi.

“Menjadi Fakultas yang unggul, kreatif, dan inovatif di bidang pendidikan teknologi, keteknikan, dan vokasi berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan,” Prof. Herman menyebutkan visi Fakultas Teknik sebagai pembuka perbincangan. Beliau kemudian melanjutkan menjelaskan ada 26 prodi di Fakultas Teknik dan 4 di antaranya sudah tersertifikasi internasional.

Di masa pandemi seperti ini ketika semuanya dilakukan serba daring, inovasi dan kreatifitas di bidang teknologi betul-betul diasah. Virtual reality (VR), video interaktif stimulasi, dan sebagainya, sangat membantu berjalannya perkuliahan praktik online di Fakultas Teknik ini. Namun walau telah dibantu dengan teknologi canggih pun, ada hal-hal yang harus tertunda misalnya praktik dengan alat berat. Prof. Herman berharap semester depan keadaan di negeri ini segera membaik sehingga perkuliahan bisa berjalan dengan normal.

Berbicara mengenai fasilitas, Prof. Mutiara menambahkan bahwa di Fakultas Teknik terdapat berbagai macam alat, mulai dari yang sangat sederhana sampai yang rumit. Walaupun zaman sudah canggih, alat-alat sederhana buatan zaman dulu tetap dipertahankan demi lengkapnya proses belajar para mahasiswa.
“Karena itu adalah dasar-dasar yang memang perlu dipelajari,” terang Prof. Mutiara.
Suntikan dana kurang lebih 3,6 Milyar juga masih akan didapatkan oleh Teknik Mesin dan Boga untuk menambah fasilitas demi memaksimalkan kemampuan praktik mahasiswa.
Fakultas Teknik sama sekali tak tanggung-tanggung dalam mewujudkan visinya dalam menciptakan mahasiswa yang unggul, kreatif, dan inovatif. Segala kebutuhan mahasiswa dalam proses menutut ilmu betul-betul diusahakan sebaik mungkin.

Tak hanya dengan fasilitas yang lengkap, mahasiswa juga didukung melalui tersedianya berbagai macam beasiswa di UNY khususnya di Fakultas Teknik. Seperti yang disebutkan oleh Darmono, beasiswa-beasiswa tersebut antara lain bidikmisi (KIP); beasiswa Adik untuk daerah 3T; beasiswa dari Bank Indonesia; beasiswa supersemar; beasiswa dari Dikpora; dan lain-lain.

Selain banyaknya jumlah beasiswa dan fasilitas lengkap yang menarik hati, Fakultas Teknik masih punya daya tarik jitu lainnya yakni peluang Double Degree untuk Program Magister Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika ke National Central University Taiwan.

Tak hanya itu, untuk program biasa pun, Fakultas Teknik juga mendatangkan profesor-profesor dari luar negeri secara berkala. Agar ilmu dan keterampilan mahasiswa lebih unggul lagi, ada juga kesempatan untuk magang di luar negeri dan sertifikasi kompetensi.

Jika Fakultas Teknik selalu memberikan dukungan terbaik seperti ini, tentu saja buah manis berupa prestasi terus datang berdesakan mengharumkan nama UNY. Alumni-alumni yang telah sukses dalam kariernya pun menjadi bukti nyata bahwa berkuliah di Fakultas Teknik UNY adalah awal dari masa depan yang cerah. (Nur Yumna_HumasFTUNY)