Bakti Sosiasl KMFT UNY 2014

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat, Keluarga Mahasiswa fakultas Teknik (KMFT) UNY 2014 menyelenggarakan bakti sosial yang bertajuk “Semangat Berbagi Melalui Bakti Nyata”. Bakti sosial ini terselenggara atas dukungan dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik, mulai dari BEM, Himpunan Mahasiswa dan UKMF. Kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan di dusun Sriten Desa Pilangrejo, Kecamatan Sriten, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang merupakan salah satu desa yang tertinggi di Gunungkidul selama tiga hari yakni Jumat-Minggu, 3-5 Oktober 2014.

Pada hari pertama, Jumat 3 Oktober 2014, diadakan sosialisasi kegiatan yang akan dilaksanakan selama bakti sosial berlangsung. Sosialisasi tersebut diikuti oleh segenap warga masyarakat Dusun Sriten. Setelah sosialisasi kegiatan, diadakan pengajian TPA bagi anak-anak dan dilanjutkan pengajian dan takbiran pada malam harinya.

Hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014, dilaksanakan penyembelihan hewan qurban. Pada kesempatan kali ini, KMFT menyalurkan hewan Qurban berupa kambing sebanyak 5 ekor. Tak hanya penyembelihan hewan qurban saja, pada siang harinya, diadakan lomba bagi warga Dusun Sriten. Lomba tersebut diantaranya lomba balap bakiak, memasukkan paku ke dalam botol, dan permainan ringan lain. Pada malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian dan nonton bareng film Sang Pencerah.

Pada hari terakhir, Minggu 5 Oktober 2014, diadakan pasar murah bagi warga. Pasar murah tersebut menjual berbagai sembako dan pakaian bekas layak pakai dengan harga yang sangat murah. Selain pasar murah, juga diadakan kegiatan persembahan dari Himpunan Mahasiswa dan UKMF. Yakni outbond dari Mapala Carabiner dan Olahraga, penyuluhan rumah sehat dari HMTSP FT UNY, pelatihan memasak dan membuat souvenir serta jugling dari HIMAGANA, servis gratis dari HIMAOTO, pelatihan memasang sensor anti maling pada kendaraan dari HIMANIKA, servis peralatan elektronik gratis serta pemasangan penerangan jalan dari HIMA ELEKTRO, dan pelatihan membuat mainan dari barang bekas oleh UKMF Matriks.

Acara bakti sosial KMFT ditutup dengan perpisahan dengan warga pada sore harinya. ‘terimakasih banyak atas semua yang telah diberikan KMFT UNY, semoga semua amal kebaikan saudara dapat dibalas dengan yang lebih baik oleh Allah SWT” ujar kepala Dusun Sriten kala memberikan sambutan dalam acara perpisahan bakti sosial. (pii)