Dalam sehari, Tiga sekolah dari Jember, Kebumen dan Tasikmalaya kunjungi FT UNY

Senin, 10 Februari 2014 menjadi hari yang sangat padat di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, karena selain hari perdana kuliah semester genap, ada pula kunjungan tiga sekolah berturut-turut dari ke FT UNY. Kunjungan pertama dari MAN I Jember dengan 215 siswa dan guru, kemudian SMK Puspa Jati Buluspesantren, Kebumen dengan 180 rombongan dan pada siang hari dari SMK As Saabiq Singaparna dari Tasikmalaya, 120 siswa dan guru pendamping.

Ketiga sekolah dengan background berbeda ini mengunjungi FT UNY untuk memberikan orientasi dunia kampus kepada siswa meraka karena menganggap UNY khususnya Fakultas Teknik merupakan tempat yang sangat prospektif untuk melanjutkan studi setelah sekolah menengah. Selain itu, tentunya para guru ingin menumbuhkan motivasi para siswanya untuk terus belajar dan meraih gelar akademik setingi-tingginya.

Koordinator Humas FT UNY, Haryo Aji Pambudi, yang menemui dan menyambut ketiga rombongan tersebut menekankan tentang keterbukaan pihak kampus untuk segala kunjungan maupun informasi yang dibutuhkan dari pihak luar. “Kami bahagia dengan kedatangan bapak, ibu dan siswa sekalian karena ini juga menjadi ajang promosi institusi kami”, ucapnya saat memberikan sambutan selamat datang.

"FT UNY telah banyak meraih prestasi yang membanggakan baik tingkat nasional maupun internasional seperti mobil listrik dan tim karnaval PTBB FT UNY, selain itu, karya-karya Teknologi Tepat Guna dari dosen dan mahasiswa di FT UNY cukup banyak yang diminati oleh masyarakat luas, bahkan beberapa waktu yang lalu Kemenristek melalui Kabid Pemetaan di Asdep IPTEK Masyarakat-nya telah meninjau karaya-karya disini dan menyatakan siap untuk mensponsori untuk disalurkan ke seluruh plosok negeri”, tutur Haryo.

Haryo menjelaskan bahwa tiap tahun animo calon mahasiswa yang mendaftar ke FT UNY selalu meningkat. “Saat ini, untuk menjadi mahasiswa di tempat kami dibutuhkan perjuangan yang cukup keras, saya ambil contoh di Program Studi Informatika yang menjadi primadona di Fakultas ini, tahun lalu ada lebih dari 6000 siswa yang mendaftar padahal daya tampungnya hanya sekitar 100 mahasiswa maka bisa dibayangkan adanya tingkat persaingan yang sangat tinggi untuk menjadi bagian dari FT UNY”, tuturnya.

Oleh karena itu, jika para siswa sekalian ingin berkuliah disini (UNY) maka harus segera mempresiapkan diri dengan sebaik-baiknya”, pesannya.

Pada sesi tanya jawab, berbagai pertanyaan muncul dari siswa terutama perihal tata cara untuk menjadi mahasiwa di lingkungan FT UNY. Kemudian, rangkaiang agenda kunjungan dari sekolah diakhiri dengan agenda campus tour didampingi tim Humas Fakultas untuk melihat fasilitas dan aktivitas belajar mengajar di kampus FT UNY.

Setelah agenda kunjungan berakhir, sekolah-sekolah tersebut nampak terkesan dengan FT UNY, seperti SMK Puspa Jati yang kemudian bermaksud mengajukan diri untuk menjadi sekolah binaan FT UNY. (hryo)