Electrical Competition 2016

Electrical Competition (Elco) 2016 menjadi tahun yang begitu spectacular, karena kegiatan Elco yang diadakan ini dapat terlaksana dengan baik dan menjadi satu rangkaian besar kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro (SNPTE-2016) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogayakarta (22/10-2016). Elco merupakan lomba antar SMK/SMA/MA se-DIY dan Jateng yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro FT UNY bekerjasama dengan PT. SMC Jaya Sentosa yang terdiri satu bidang lomba yaitu PLC (Programable Logic Controller).

Kegiatan diawali dengan Technical Meting untuk meminimalisir kesalahpahaman antara peserta dengan panitia terkait dengan tata tertib lomba, kisi-kisi lomba, serta agar kegiatan lomba dapat berlangsung berjalan lancar dan diakhiri dengan terpilihnya juara secara fair.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNY, Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., menuturkan secara keseluruhan ada 15 tim yang bertanding yang berasal dari SMK seputaran DIY dan Jateng. Tujuan dari lomba ini tentunya untuk miningkatkan kompetensi bidang otomasi industri karena dengan iklim kompetisi tentunya pada siswa dapat belajar dan berlatih lebih giat untuk memahami operasional PLC, pemrograman input-output PLC, dan pemrograman timer PLC.

PLC sendiri adalah kendali logika terprogram merupakan suatu piranti elektronik yang dirancang untuk dapat beroperasi secara digital dengan menggunakan memori sebagai media penyimpan instruksi-instruksi internal untuk menjalankan fungsi-fungsi logika, seperti : fungsi pencacah, fungsi urutan proses, fungsi pewaktu, fungsi aritmatika, dan fungsi-fungsi lainnya dengan cara memprogrammnya.

Dalam kompetisi ini peserta diminta mengerjakan Pemrograman PLC dengan ledder diagram, PLC dengan jenis OMRON yang telah disiapkan panitia. Menggunakan pemrograman fungsi 7 masukan dan 2 pengeluaran. Masukan berupa push button dan limit switch serta keluaran menggunakan Elektropenumatic actuator dan fungsi yang digunakan adalah input, output, timer, counter, memori.

Secara berturut-turut tim yang keluar sebagai juara adalah SMK N 2 Kendal sebagai Juara Pertama, Juara II diraih SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta dan Juara III dari SMK N 5 Surakarta. Para juara berhak mendapatkan uang pembinaan, tropi dan sertifikat dari PT. SMC.