FT UNIVERSITAS PALANGKA RAYA JAJAKI KERJSAMA DENGAN FT UNY

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mendapat kunjungan dari Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, pada Kamis ( 28/11/19). Kunjungan ini dilaksanakan di Ruang Dekan Fakultas Teknik UNY. Beberapa perwakilan dari UNY diantaranya Bapak Moh. Khairudin, M.T, Ph.D selaku Wakil Dekan I FT UNY, Tri Hariyanto, S.E. sebagai Kepala Bagian Tata Usaha FT UNY, dan jajaran Kasubbag. Sedangkan, perwakilan dari Universitas Palangka Raya yaitu Wakil Dekan I FT Universitas Palangka Raya, dan tujuh orang jajarannya. Tujuh orang jajaran lainnya diantaranya, Kasubag TU , Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubag umum dan keuwangan, Bendahara, dan Staff FT Universitas Palangka Raya. 

Kunjungan ini diadakan sebagai forum diskusi mengenai beberapa program pengelolaan yang ada di FT UNY, untuk nantinya diadopsi oleh Universitas Palangka Raya. Forum diskusi diawali dengan pengelolaan kepegawaian FT UNY yang dijelaskan oleh Bapak Moh. Khairudin, M.T, Ph.D. UNY memiliki sistem kepegawaian secara online untuk memperingan beban dosen. Sistem ini dapat diakses di www.skp.uny.ac.id. Tujuan dari adanya sistem adalah untuk memantau kinerja kepegawaian. Jadi dimanapun tempat dosen dapat menginput data. Input data ini dilakukan diakhir semester perkuliahan. Fakultas Teknik UNY sendiri sudah mempunyai tim yang bertanggung jawab dalam bidang ini. Selain itu, sistem presensi para dosen juga dilakukan secara online. Oleh karena itu, dapat dipantau keintensitasan seluruh dosen. Beliau juga menyampaikan banyak sekali sistem online yang sudah berjalan di UNY, khususnya FT UNY. Sistem-sistem tersebut diantaranya seperti Sibimta, Sipkl, Siakad, dan lain sebagainya. Sibimta ini merupakan sistem bimbingan tugas akhir skripsi secara online. Sistem ini mempermudah mahasiswa dan dosen untuk melakukan bimbingan dimanapun dan kapanpun. Sipkl ini juga merupakan sistem online untuk mahasiswa yang sedang melaksanakan praktek industri di lapangan. Sedangkan untuk siakad sendiri merupakan sistem yang merekap seluruh proses perkuliahan dari awal semester sampai kelulusan. Tidak hanya diperuntukan untuk mahasiswa, siakad juga bisa diakses oleh wali dari mahasiswa, sehingga segalanya dapat dipantau dengan mudah.

Selanjutnya diskusi ini bergeser ke sistem keuangan pada masing-masing universitas. Universitas Palangkaraya menyampaikan bahwa sistem keuangan Fakultas ditangani langsung oleh pusat, sedangkan di UNY sistem keuangan dari pusat dipasrahkan ke Fakultas masing-masing. Tugas dari masing-masing Fakultas yaitu mengelola dana yang sudah diberikan pusat sebaik mungkin. Fakultas Teknik UNY menjabarkan bahwa dana tersebut digunakan untuk dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), bahan praktikum, upah, rutin, kemahasiswaan seperti leadership, topskill, tutorial percepatan skripsi jenjang sarjana. 

Ibu Frida selaku Wakil Dekan I Universitas Palangka Raya menyampaikan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat untuk Universitas Palangkaraya, karena menambah pengetahuan dan wawasan untuk belajar diberbagai bidang. Hal-hal yang telah didapatkan diantaranya pencerahan di bidang akademik, terutama sistem akademik yang ada di UNY, tata kelola keungan, dan tata kelola kepegawaian. Beliau berharap semoga ke depannya Universitas Palangka Raya dan Universitas Negeri Yogyakarta bisa membuka kerjasama yang lebih baik. (Dhea Cita)