FT UNY Jalin Kerjasama dengan Ajou University, Korea Selatan

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menjalin kerjasama dengan Ajou University dalam bidang pendidikan dan penelitian ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan FT UNY, Dr. Moch Bruri Triyono dengan Prof. Young-Tae Oh, DekanIntellegent Transportation System (ITS) PascasarjanaAjou University di Hotel Best Western, Jakarta (2/06/2014). Rancangan kerja sama ini berawal dari diskusi dosen Pendidikan Teknik Otomotif, Dr. Zainal Arifin dengan pihak Ajou University saat kunjungan kerja di Korea Selatan.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk membangun pengembangan bidang akademik dimasing-masing institusi dengan prinsip kebersamaan dan saling menguntungkan. Selain itu, kerja sama ini bertujuan untuk menguatkan hubungan antar kedua institusi serta memiliki misi dalam pengembangan kebudayaan antar dua negara Indonesia dan Korea.

Dekan FT UNY kepada tim Humas menuturkan bahwa kerja sama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri akan terus digalakkan oleh pihaknya. “Kami terus memperkuat jaringan terutama dengan pihak internasional sehingga kami bisa terus mengupdate tentang teknologi-teknologi baru serta tentunya bidang pengajaran”, ucap Dekan FT UNY.

Sementara itu, Dr. Zainal Arifin yang juga hadir saat penandatanganan MoU menjelaskan bahwa dalam waktu dekat wujud realisasi dari kerja sama ini adalah penelitian kolaboratif dalam bidang Teknologi Informasi terkait pengembangan sistem informasi jaringan jalan. “Selain penelitian, kami juga berencana untuk mengagendakan guest lecturing bidang keselamatan transportasi serta student exchange dari jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Informatika”, ungkap Dosen yang juga menjadi pembimbing Tim Mobil Listrik UNY ini.

Dr. Zainal mengungkapkan bahwa terwujudnya kerja sama dengan Ajou University merupakan hal yang menggembirakan. “Institusi ini mempunyai sejarah panjang tentang pengembangan otomotif dan dunia tranportasi dimana mereka juga memiliki jurusan yang fokus tentang transportation engineering”, imbuhnya.

“Ajou University juga memiliki Ajou Motor Collage dengan divisi automotive design-nya yang hebat dan semoga hal tersebut bisa ditularkan ke mahasiswa kami” , harap Dr. Zainal. (hryo)