FT UNY SABET TIGA SILVER MEDAL DAN SATU BRONZE MEDAL PADA BARISTA AND LATTE ART COMPETITION 2019 TINGKAT ASEAN

Mahasiswa Fakultas Teknik UNY menyabet tiga Silver Medal dan satu Bronze Medal di ajang Barista and Latte Art Competition 2019 tingkat ASEAN. Muhammad Fikri Mulana dan Rafi Johandy adalah dua kandidat dari jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB) FT UNY. Mereka dikirim untuk bertarung dengan empat negara lainnya. Ajang bergengsi ini diselenggarakan oleh Star Championship dan Universiti Tunn Hussein Onn Malaysia. Pelaksanaanya digelar pada tanggal 23 November – 27 November 2019. International Collabs Student Malaysia terpilih sebagai arena pertandingan dalam ajang ini. 

Perlombaan ini diikuti oleh empat mahasiswa dari Indonesia, empat mahasiswa dari singapura, tiga mahasiswa dari skotlandia, empat mahasiswa dari malaysia, dan tiga mahasiswa dari china. Selain dua mahasiswa UNY terdapat dua mahasiswa UPI sebagai perwakilan dari Indonesia. Persaingan sengit terjadi untuk memperebutkan kejuaraan dua kategori, diantaranya Expresso and Cappucino dan Signature Drink.

Sebelumnya jurusan PTBB Fakultas Teknik UNY mengadakan seleksi selama satu bulan. Seleksi dilakukan secara selektif untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Terdapat dua tahap seleksi yaitu seleksi umum dan seleksi privat. Pada seleksi umum diambil enam kandidat yang akan diadu. Kemudian pada seleksi privat diambil dua kandidat dari enam kandidat sebelumnya. Dua kandidat yang terpilih kemudian digembleng untuk menghadapi lomba tersebut. Namun disamping seleksi tersebut, Fikri dan Rafi juga mengikuti latihan di salah satu tempat kursus Barista di Maguwoharjo.

Perlombaan berlangsung selama dua hari. Hari pertama pelaksanaan lomba untuk Expresso and Cappucino dan hari kedua pelaksanaan lomba untuk Signature Drink. Akan tetapi sebelumnya para peserta diberi edukasi tentang pengenalan mesin. Terdapat lima juri dalam perlombaan ini, yaitu dari Malaysia dan China. Pada lomba Expresso and Cappucino Muhammad Fikri Mulana dan Rafi Johandy meraih dua Silver Medal. Kemudian pada perlombaan Signature Drink Muhammad Fikri Mulana meraih Bronze Medal dan Rafi Johandy meraih Silver Medal. Sedangkan untuk Gold Medal diraih oleh Skotlandia dan China. 

Fikri menjelaskan bahwa dalam lomba barista terdapat beberapa materi yang diujikan. Materi yang diujikan kepada barista yaitu, expresso, cappucino, dan black coffe. Sedangkan untuk latte art yaitu menggambar di secangkir kopi. Bahan yang digunakan untuk menggambar yaitu susu. Susu tersebut harus dibuat foam terlebih dahulu. Setelah itu, foam tersebut baru bisa digunakan untuk menggambar di atas kopi. Adapun beberapa aspek penilaian dari dewan juri yaitu kebersian, waktu, keefektifan, presentasi kopi, tingkat rasa, penggunaan alat, tekstur, dan komposisi yang harus pas.

Fikri menambahkan, awal mula dia mengikuti ajang ini karena tawaran dari salah satu dosennya. Selain itu, alasan dia tertarik mengikuti ajang ini karena sesuai dengan passion yang dimilikinya. Ini merupakan pengalaman pertama kali bagi Fikri dan Rafi. Mereka menyampaikan bahwa tidak menyangka dapat meraih juara di pengalaman pertamanya. Mereka juga merasa senang karena dapat membanggakan orang tuanya dan mengharumkan nama UNY. (Dhea Cita)