Garuda UNY Team Berlaga Kembali Dalam Kompetisi Ontrack - Shell Eco Marathon Asia 2022

Tahun 2022 Shell kembali mengadakan Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon 2022 dengan rangkaian kompetisi yang tidak jauh berbeda dengan Shell Eco Marathon 2019. Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon dibagi menjadi tiga berdasarkan region yaitu Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik. Berdasarkan jenis kendaraan, Shell membagi kompetisi menjadi kategori urban concept dan prototype. Selama 6 tahun perjalanan Shell Eco Marathon Asia, ini adalah kali pertama bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Shell memilih Sirkuit Mandalika Lombok sebagai tempat berlangsungnya persaingan ketat tim-tim mobil hemat energi di seluruh Asia Pasifik. Bukan sembarang sirkuit, Sirkuit Mandalika sebelumnya telah menarik perhatian dunia karena menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP 2022. Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah tentu menambah motivasi Tim Garuda UNY untuk dapat menorehkan prestasi bagi bangsa Indonesia.

Prestasi yang pernah dicapai Tim Garuda UNY yaitu mendapatkan Juara 2 Kategori Urban Gasoline dalam Kompetisi Shell Eco Marathon 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Semangat membara memenuhi setiap dada Tim Garuda UNY untuk dapat berlaga dan kembali menorehkan prestasi. Sayangnya, Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon sempat ditiadakan pada tahun 2020 dan 2021 sebagai akibat dari tingginya kasus Corona Virus Desease-19.

Persiapan yang telah dilakukan selama 6 bulan telah membawa kesiapan bagi Tim Garuda UNY untuk berkompetisi pada Shell Eco Marathon 2022. Persiapan terdiri dari tahap brainstorming, riset kendaraan, manufaktur, dan latihan. Untuk sampai pada tahap ini, tim telah melalui berbagai fase diantaranya registrasi, pengumpulan technical document dan kesiapan kendaraan, dan pengiriman kendaraan. Segala elemen yang dimiliki telah dimaksimalkan untuk dapat menunjang kesiapan tim. Baik birokrasi, alumni, dosen, para sponsor, maupun anggota tim sendiri telah ambil bagian dalam usaha Tim Garuda UNY mencapai target juara.

Garuda Urban Gasoline 22, atau yang biasa disebut sebagai Garuda UG-22 merupakan mobil hemat energi dengan bahan bakar bensin. Penggunaan angka 22 menunjukkan tahun rilis mobil ini yaitu tahun 2022. Garuda UG-22 memiliki sejumlah keunggulan. Penggunaan carbon fiber sebagai bahan untuk membuat body bukan tanpa alasan, carbon fiber menjadikan mobil ini ringan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Mobil ini sebelumnya telah menorehkan angka 500km/L pada Kompetisi Mobil Hemat Energi 2021, kini dengan berbagai pengembangan mobil ini siap berlaga kembali dalam Kompetisi Ontrack – Shell Eco Marathon Asia 2022.

Pada hari Sabtu (08/10/2022), berbekal doa dan harapan dari berbagai pihak, Tim Garuda UNY memulai perjalanan menuju Sirkuit Mandalika. Sebanyak 27 orang diberangkatkan dari basecamp Tim Garuda UNY melalui perjalanan darat dan laut. Perjalanan berlangsung selama kurang lebih 40 jam. Alih-alih kelelahan, perjalanan panjang ini justru dimaksimalkan untuk mematangkan persiapan tim. Hal tersebut tentu berkaitan erat dengan target juara 1 yang telah ditetapkan oleh Tim Garuda UNY. “Tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan, maksimalkan segala kekuatan, InsyaAllah kita akan menjumpai kemenangan” kata Kesit Bayu Purnomo, Manager Garuda UNY.  

Penulis : Khadijah

Editor : Dedy