Himanika Selenggarakan Workshop Mikrokontroler

Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika, HIMANIKA, menggelar workshop robotika pada hari Sabtu-Minggu 19-20 September. Workshop robotika merupakan salah satu agenda tahunan HIMANIKA yang tahu ini mengangkat materi tentang Mikrokontroler. Workshop dilaksanakan di Ruang RF 9 Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. tujuan diadakan workshop ini untuk membekali mahasiswa yang ingin menngenal tentang mikrokontoler dan menggunakan mikorkontroler sebagai tugas proyek akhirnya. Workshop dibersamai oleh Bapak Muslihin Dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika serta Khoirudin mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yang sudah banyak berkecimpung dalam mikrokontroler.

Acara Workshop Mikrokontroller dibuka oleh Bapak Muhammad Izzudin selaku Pembina HIMANIKA. “Agenda ini diharapkan peserta bisa meningkatan skill terkait mikrokontroller. Dengan workshop ini diharapkan peserta tidak hanya praktek tapi juga memahami konsep dan prinsip dasar sehingga saat menemui kasus atau masalah bisa menangani dengan baik” pesan Bapak Muhammad Izzudin pada sambutannya.

Workshop yang ditujukan kepada mahasiswa Fakultas teknik ini tak hanya menarik minat mahasiswa Elektronika. Diantara peserta workshop ada mahasiswa dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Informatika. Hari pertama Workshop membahas tentang konsep dasar dan pengenalan umum tentang mikrokontroller. Peserta juga diajak untuk mencoba langsung pemrograman mikrokontroller yang pada workshop kali ini menggunakan mikrokontroller AVR. Pada hari kedua peserta melakukan praktek berdasarkan ide atau proyek mikrokontroller yang ingin dibuat. Selain itu peserta juga diajak praktek membuat sebuah proyek sederhana dengan dibersamai tentor.

“Harapannya setelah acara ini peserta mendapatkan ilmu baru dan bisa mengembangkan proyek dengan Mikrokontroller baik untuk proyek PKM, tugas akhir , atau skripsi” ungkap Ali Abdul Wahid Wafi ketua kegiatan Workhop Mikrokontroller. (meg)