Kolaborasi Penelitian bersama Prof. Koichi Goda

Prof. Koichi Goda, Ph.D. dari Yamaguchi University menjadi visiting professor Universitas Negeri Yogyakarta di (24 – 31/07-2017).  Selama di UNY, Koichi Goda, memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa baik dari program sarjana hingga pascasarjana. Selain itu, Profesor yang pernah satu tahun menjadi visiting professor di Cornell University ini juga menjadi narasumber untuk pengembangan jurnal internasional di FT UNY.

Koichi Goda juga berdiskusi untuk kolaborasi penelitian bersama dosen Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Dr. Mujiyono, dengan memanfaatkan pohon rami sebagai fiber composite.  Komposit sendiri adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material pembentuknya melalui campuran yang tidak homogen, dimana sifat mekanik dari masing-masing material pembentuknya berbeda.

“Sedangkan fiber composite atau komposit serat adalah gabungan serat dengan matrik,” jelas Mujiyono .

Pemanfaatan pohon rami sangat potensial sebagai serat alam karena jumlahnya yang cukup melimpah di Indonesia dimana rami merupakan tanaman tahunan yang mudah tumbuh dan berkembang baik di daerah tropis.

“Kelebihan serat rami adalah lebih panjang, kekuatan lebih besar, dan daya serap air juga lebih baik,” ujar Mujiyono. 

Kemudian,  Koichi juga memberikan tawaran khususnya kepada dosen-dosen Pendidikan Teknik Mesin untuk melanjutkan studi S3-nya di Yamaguchi. “Saya berharap bisa kembali bertemu dengan rekan-rekan dari FT UNY untuk studi lanjut di tempat kami, nanti LoA unconditional akan segera kami kirimkan,” harapnya.