KULIAH UMUM LUBRIKASI BERSAMA MOTUL

Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan MOTUL, produsen pelumas dari Prancis, menggelar kuliah umum bertajuk “MOTUL Goes to School”. Kuliah ini diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Desember 2016 pukul 14.00 – 16.00 WIB di KPLT Fakultas Teknik lantai 3 dengan pembicara Isadat Salam, technical manager MOTUL Asia Pasifik. Kuliah umum ini diikuti oleh 130 orang mahasiswa UNY dan juga dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Khairudin, Ph.D. dan Kepala Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Dr. Zainal Arifin, M.T. serta perwakilan dari MOTUL yaitu Ari selaku marketing MOTUL dari Jakarta dan Bapak Yohannes selaku manager SiTepat, partner marketing MOTUL di Yogyakarta. Kuliah ini baru pertama kali diselenggarakan sebagai tindak lanjut kerja sama antara UNY dengan industri yaitu MOTUL.

Pokok materi yang dibahas dalam kuliah ini adalah seluk beluk seputar pelumas, antara lain apa itu pelumas, bagaimana karakteristik pelumas, apa fungsi pelumas, sampai cara memilih pelumas yang baik. Materi kuliah yang disampaikan ini menunjang mata kuliah “Bahan Bakar dan Pelumas”, salah satu mata kuliah di jurusan pendidikan teknik otomotif UNY. Dengan penyampaian materi yang menarik dari Bapak Isadat, para mahasiswa sangat antusias untuk menyimak. MOTUL juga berbagi doorprize untuk mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan seputar MOTUL. Kegiatan kuliah umum ini diakhiri dengan pemberian vendel dari MOTUL.

Sebagai produsen pelumas bersertifikat FIM (Federation of International Motorsport), MOTUL telah menjadi sponsor utama di gelaran MotoGP 2016 di 4 sirkuit dunia, yaitu TT ASSEN Belanda, Motegi Jepang, Valenciana Spanyol, dan Termas de Rio Hondo Argentina.  Di tahun 2016 ini, MOTUL menandatangani kontrak dengan UNY sebagai sponsor mobil Garuda. UNY adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang berhasil menjalin kerja sama dengan MOTUL. “Kuliah umum ini adalah bagian dari kerja sama UNY dengan MOTUL sebagai sponsor mobil Garuda. Diharapkan MOTUL dapat bekerja sama lagi dengan UNY karena rencana kerja sama berikutnya, selain pemberian produk untuk mendukung mobil Garuda di tahun 2017, adalah kuliah umum sebulan sekali dari MOTUL, penawaran pemberian fasilitas praktek di jurusan pendidikan teknik otomotif, dan penawaran beasiswa.” ujar Teguh Arifin selaku ketua tim Garuda UNY. (fb)