Mahasiswa Busana FT UNY partisipasi Pemecahan Rekor Membatik

Kamis, 2 Oktober 2014, dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemda DIY mengadakan acara Pemecahan Rekor Muri Membatik pada kain sepanjang 3005 m sedangkan lebar 45 cm dan diikuti oleh ribuan pembatik profesional, pelajar dan mahasiswa di DIY.

Bertajuk Gelora Batik Pemecahan Rekor Muri yang bertempat di Alun-alun Utara Yogyakarta juga mengikutsertakan mahasiswa Fakultas Teknik UNY sebanyak lima puluh orang bersama para dosen. Sekitar pukul 09.00 WIB mahasiswa dan dosen FT UNY memulai menggoreskan malam dengan canting dan membatik motif Semen yang di dalamnya menceritakan kehidupan digambarkan oleh flora dan fauna. Batik terpanjang ini rencananya akan dikirim ke Jepang sebagai bahan kimono mengingat Jogja-Kyoto merupakan sister city dimana salah satu bentuk kerjasamanya adalah bidang tekstil dan Batik Yogyakarta merupakan barang ekspor terbesar ke Jepang.

Diakui oleh Polin M. W Napitupulu selaku Kabid Industri, Logam, Sandang dan Aneka, Diperindagkop DIY, “Ajang ini merupakan salah satu upaya melestarikan batik sebagai aset budaya yang telah diakui UNESCO.” Selain melestarikan aset budaya, acara tersebut juga bertujuan mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia. (ratri)