Mahasiswa FT UNY Kembangkan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lirik Musik Berbasis Android

Nova Suparmanto, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan media pembelajaran bahasa inggris melalui lirik musik untuk platform android. Nova mengembangkan aplikasi Fun Lyrics berbasis android dibawah bimbingan dosen FT UNY, Handaru Jati, Ph.D, untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas 4 – 6 dengan pembagian materi berdasarkan theme based learning.

Nova menjelaskan latar belakang pengembangan aplikasi ini karena belum optimalnya penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, pada umumnya musik dan lagu hanya berperan sebagai media hiburan atau pun sekedar selingan pada proses pembelajaran.

"Padahal bila diguunakan dengan maksimal, lagu memiliki manfaat yang besar untuk pembelajaran bahasa Inggris terutama diusia dini", ungkap Nova.

"Ritme serta lirik pada lagu dapat membantu mengingat kata-kata lebih baik serta dapat memahami pesan lagu lebih dalam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain lebih mudah untuk mengingat dan memahami vocabulary secara lebih efektif, menyanyikan lagu tersebut dapat membantu mengembangkan pronunciation dengan intonasi yang alami", jelasnya.

"Apalagi dengan fakta tingginya penggunaan android di Indonesia, maka kombinasi lagu dengan sistem android, layak dijadikan pendamping buku konvensional sebagai media pembelajaran", tutur mahasiswa pernah menyumbangkan medali emas untuk UNY pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-26 ini.

Lebih jauh Nova menjelakan dengan aplikasinya ini, user dapat memainkan musik baik dari mp3 maupun video, menghapus lagu, mengunduh lagu, memainkan quiz, mencari kata dalam Dictionary, melihat halaman Information, dan Help.

"Kelebihan aplikasi ini diantaranya konten lagu yang dinamis, sehingga bisa ditambah atau dikurangi dengan mengunduh lagu baru dari server yang telah disediakan di internet serta adanya sistem evaluasi berupa halaman Quiz yang dapat ditampilan secara acak sehingga tidak membosankan", tambah Nova.

"Setelah masuk dai halaman utama dan memilih lagu yang sudah disediakan, user tinggal meng-klik “Tombol Play Video” dan akan muncul jika di dalam lagu tersebut sudah disediakan video-nya. Tekan tombol Play Music atau Play Video maka selanjutnya aplikasi ini akan membuka halaman baru untuk memainkan lagu yang dipilih", jelasnya.

"Selain itu, terdapat tulisan lirik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang beriringan di bawahnya dengan lagu yang diputar", imbuh Nova

Nova menjelaskan bahawa musik dan lagu yang sudah disediakan dalam Fun Lyrics terbatas pada lagu-lagu bergenre anak (pop) baik lagu Indoesia yang terjemahkan ke bahasa inggris maupun lagu yang memang berbahasa inggris seperti, seperti  "Twinkle", dan "Old MacDonald had a farm".

"Tiap lagu yang ditampilkan memiliku maksud dan tujuannya maisng-masing, seperti, Twinkle yang mengajak siswa belajar tentang astronomi dan mengembangkan daya imajinasi siswa, kemudian “We’re going to win” yang berisi tentang pengenalan angka", bebernya.

"Kedepan Publikasi aplikasi lewat Google Play lebih ditingkatkan, sehingga banyak guru yang dapat memanfaatkan aplikasi ini", tutup Nova.