MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA PRESENTASI DALAM 4TH CEET 2015 DI MALAYSIA

Fourth International Conference On Advances in Computing, Electronics and Electrical Technology – 4th CEET 2015 merupakan konferensi Internasional yang diadakan oleh Association of Computer and Electronics Engineers yang merupakan bagian dari Associate network of Institute of Research Engineers and Doctors, USA. Ketiga mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika yang juga merupakan student member dari Association of Computer and Electronics Engineers (ACEE) ini mendapat kesempatan untuk ikut mempresentasikan hasil karyanya. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Dias Azis Pramudita, Hardika Dwi Hermawan, dan Anis Khoerun Nisa. Acara yang diadakan pada tanggal 11-12 April 2015 di GTower Hotel, Malaysia diikuti oleh sekitar 90 delegasi dari 21 negara, yaitu dari Indonesia, Prancis, Jerman, Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Australia, India, China, Thailnad, India, dll. 

Dalam kesempatan ini, Dias, dkk menyajikan makalah dengan judul “Interactive Media For Introducing The Indonesian Archipelago Mask Through “Artopeng” Application Using Computer Based Augmented Reality Technology”.  Dalam konferensi ini, terdapat 90 judul paper dari 21 negara yang berhasil lolos, dari 214 paper yang masuk oleh komite internasional untuk dipresentasikan dalam sesi parallel. Di samping disajikan secara lisan, makalah yang lolos seleksi ini juga akan diterbitkan dalam Internasional Journal of Advancements in Communication Technologies (ISBN: 978-1-63248-056-9).

Media pengenalan Topeng Nusantara yang dikolaborasikan dengan teknologi komputer ini diharapkan mampu menarik generasi muda khususnya dalam mengenal topeng Nusantara. Topeng nusantara yang jumlahnya lebih dari 85 ini, pada umumnya hanya dikenal melalui pertunjukan tarian saja. Namun, saat ini kita dapat mengenal beragam topeng tersebut melalui aplikasi ARTopeng. Penggunaan aplikasi ARTopeng ini adalah cukup menghadapkan wajah ke kamera, maka wajah user akan berubah menjadi jenis topeng tertentu diiringi penjelasan dalam Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris sesuai keinginan. Jumlah topeng yang dapat kita pelajarai dalam Aplikasi ini mencapai lebih dari 40 jenis topeng Nusantara.

Dias, Hardika dan Anis merasa senang dapat berpartisipasi dalam konferensi skala Internasional tersebut, terlebih lagi dengan banyaknya peserta dari berbagai Negara dengan karya-karya yang sangat menarik. Banyaknya peserta merupakan kesempatan untuk terus memperluas jaringan dan membawa nama baik UNY di kancah Internasional. Banyak manfaat yang diperoleh dalam CEET 2015 antara lain dapat menjajaki kerjasama, menambah teman peneliti dan saling berbagi pengalaman antar peneliti dari luar negeri. (meg)