Mahasiswi FT UNY Ciptakan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Multimedia untuk Siswa SMK

Tika Ekaningrum, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menciptakan buku sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber belajar untuk SMK kompetensi keahlian teknik komputer jaringan kelas X. Pembuatan buku ini adalah dalam rangka menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi demi meperoleh gelar Sarjana, dibawah bimbingan Masduki Zakaria, M.T.

Tika, sapaan akrabnya, menjelaskan pembuatan buku ini dilatar belakangi karena belum tersedianya buku sekolah elektronik untuk kompetensi keahlian komputer dan jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Teknik komputer dan jaringan merupakan salah satu kompetensi keahlian pada jenjang SMK. Di jaman yang serba menggunakan komputer, membuat kompetensi keahlian ini menjadi salah satu kompetensi keahlian yang semakin banyak diminati. Maka dari itu, perlu adanya buku panduan belajar sebagai pendukung pembelajaran bagi siswa”, jelasnya.

Lebih lanjut, Tika menjelaskan kelebihan bukunya adalah karena dia menambahkan unsur multimedia. “E-book atau BSE selama ini hanya terkesan memindahkan buku cetak ke dalam bentuk digital. Padahal  masih banyak yang dapat dieksplore dari pemanfaatan e-book. Salah satunya adalah memasukkan unsur multimedia ke dalam e-book, sehingga e-book menjadi lebih menarik dan memiliki nilai plus jika dibandingkan dengan buku cetak.  Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vector  atau bitmap), grafik,  sound, animasi, video interaksi, dll.  Multimedia memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan media-media lainnya seperti buku, audio, video, atau televisi. Keunggulan yang paling menonjol adalah dalam hal interaktivitas”, imbuhnya.

“Memasukkan unsur multimedia ke  dalam buku sekolah elektronik diharapkan dapat  memberi  nilai lebih pada buku sekolah elektronik dan meningkatkan minat baca di kalangan pelajar di Indonesia”, harapnya.

Lebih jauh Tika menjelaskan bahwa buku sekolah elektronik berbasis multimedia dengan materi teknik komputer dan jaringan untuk SMK Teknik Komputer dan Jaringan kelas X merupakan hasil dari penggalian materi melalui referensi buku yang disesuaikan dengan silabus yang ada. “Buku sekolah elektronik ini terdiri atas tujuh bab yaitu organisasi sistem komputer, dasar listrik elekronika, sistem operasi, instalasi personal computer, perawatan PC dan peripheral, permasalahan pengoperasian pc dan peripheral, dan perbaikan pc dan peripheral. Pada setiap akhir bab terdapat soal latihan untuk mengetahui sejauh mana siswa menyerap materi buku. Soal latihan bersifat interaktif, dimana pengguna dapat langsung menjawab pertanyaan dan mengetahui nilai akhir dari soal-soal yang telah dikerjakan. Daftar isi dari buku sekolah elektronik yang telah dibuat dapat dilihat dalam lampiran”, jelasnya.

Selain materi utama, buku sekolah elektronik juga memiliki beberapa pelengkap seperti petunjuk pemakaian buku untuk mempermudahkan guru atau siswa dalam menggunakan buku, daftar isi berupa link yang dapat langsung menuju ke materi yang diinginkan, serta daftar pustaka di bagian akhir buku.   

Lebih rinci, mahasiswi angkatan 2007 ini, menggambarkan bahwa Pada buku sekolah elektronik ini terdapat beberapa tombol navigasi yang disediakan ketika pembaca ingin membaca dalam keadaan full screen. Tombol navigasi yang disediakan yaitu (1) Home  merupakan tombol untuk kembali ke halaman pertama/cover  buku. Tombol ini akan dilambangkan  dengan gambar rumah (2) View  merupakan tombol untuk merubah tampilan dari full screen menjadi tidak  full screen  atau sebaliknya. Tombol ini dilambangkan dengan gambar kaca pembesar (3)  Print merupakan tombol untuk mencetak buku ke dalam  hard copy  (kertas). Tombol ini dilambangkan dengan gambar printer (4)  Exit merupakan tombol untuk keluar dari buku/menutup buku. Tombol ini dilambangkan dengan gambar on/of power (5)  Prev  merupakan tombol untuk melihat halaman sebelumnya.Tombol ini dilambangkan dengan gambar anak panah menghadap ke kiri.

Dengan karyanya ini Tika berharap dapat mengoptimalkan buku elektronik sebagai sumber belajar digital sehingga membantu guru merancang sumber pembelajaran yang interatif. (haryo)