MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL BERBASIS MULTIMEDIA

Agus Buchori, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan media pembelajaran Microsoft Excel berbasis multimedia. Dengan adanya media pembelajaran microsoft Excel berbasis multimedia diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari Microsoft Excel, selain itu, menyediakan tutorial yang tidak mudah didapatkan pada materi-materi lain sehingga menjadikan proses belajar lebih mendalam dan beragam.

Proyek skripsi dibawah bimbingan Drs. Kadarisman Tejo Yuwono ini dilatar belakangi media yang digunakan untuk pembelajaran, selama ini, hanya sebatas buku-buku yang dipinjam diperpustakaan, lembar kerja siswa (LKS) dan ceramah. Kreatifitas guru untuk memaksimalkan fasilitas media dengan menggunakan media animasi untuk mendukung proses pembelajaran Microsoft Excel sangatlah kurang. Padahal, peran media pembelajaran menjadi  sangat penting didalam strategi pembelajaran dikarenakan sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi situasi, kondisi, dan lingkungan belajar yang direncanakan, dipersiapkan dan diciptakan oleh guru. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik.

Secara keseluruhan ada 9 tampilan pada media ini, yakni (1) Tampilan Intro merupakan tampilan pertama kali kita membuka media pembelajaran Microsoft Excel untuk menuju ke bagian pentunjuk penggunaan dalam tampilan ini juga terdapat judul media pembelajaran Microsoft Excel; (2) Tampilan petunjuk penggunaan yang mana berisikan petunjuk penggunaan media pembelajaran  Microsoft Excel; (3) Tampilan pengenalan media pembelajaran Microsoft Excel  yang berisi animasi dan  pengenalan media pembelajaran Microsoft Excel; (4) Tampilan pendahuluan berisi kompetensi yang harus dicapai berdasarkan pada kurikulum KTSP 2006; (5) Tampilan materi yang mana dibagi menjadi 4 materi dan setiap materi berisi pokok bahasan masing-masing, yakni:  Materi 1 berisi tentang pengenalan latar atau layout, ikon-ikon pada Microsoft Excel, serta pengenalan tentang membuat dokumen pada Microsoft Excel, Materi 2 berisi tentang mengolah data angka pada Microsoft Excel, Materi 3 berisikan tentang menggunakan fungsi  pada Microsoft Excel sedangkan  Materi 4  tentang menyisipkan gambar, grafik  pada Microsoft Excel; (6) Tampilan Latihan, yang berisi 10 soal pilihan ganda dilengkapi dengan hasil jawaban yang benar dan hasil jawaban yang salah, dan skor untuk memberikan nilai; (7) Tampilan Tes Evaluasi berisikan 15 soal pilihan ganda yang juga menampilkan hasil jawaban yang benar dan hasil jawaban yang salah, dan skor; (8) Tampilan profil yang mana terdapat informasi biodata pembuat media pembelajaran Microsoft Excel; (9) Tampilan Exit/ Keluar. (haryo)