MEWUJUDKAN GENERASI SEHAT DI MASA PANDEMI ALA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK

Minggu (4/10) BEM FT bersama seluruh organisasi mahasiwa yang ada di Fakultas Teknik mengadakan bakti sosial dan pengabdian di Desa Banjarharjo 1, Dlingo, Bantul. Pada masa pandemi ini rasa kemanusiaan dan berbagi terhadap sesama semakin bertumbuh, baik dalam hal materi maupun ilmu. Maka dari itu mahasiswa fakultas teknik mengadakan kegiatan bakti sosial dan pengabdian sebagai wujud rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dengan menyalurkan bantuan berupa sembako kepada warga Desa Banjarharjo 1. Animo warga sangat besar dalam menyambut kegiatan sosial ini. Selain pembagian sembako, dilakukan juga beberapa kegiatan bersama warga setempat.

Mahasiswa Fakultas Teknik juga memberikan sosialisasi untuk menggencarkan pola hidup sehat di tengah pandemi. Pada masa Pandemi Covid-19 ini kita perlu lebih ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungan. Materi sosialisasi yang diberikan kepada warga meliputi tentang apa itu virus corona, bagaimana dampaknya bagi kesehatan, serta tindakan preventif seperti apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari virus ini. Diadakan juga kegiatan lomba mewarnai untuk menghibur anak-anak.

“Pemilihan Desa Banjarharjo 1, Dlingo, Bantul sebagai tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial dan pengabdian ini dikarenaka wilayah tersebut mayoritas warganya adalah pengrajin bambu,  sebab pandemi ini mereka juga menjadi salah satu masyarakat yang terdampak dalam bidang ekonomi,” ungkap Adni, salah satu panitia kegiatan.

Kegiatan sosial ini sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Terbukti dari penyebaran pamflet penerimaan donasi serta informasi mengenai kegiatan bakti sosial dan pengabdian yang sudah dilakukan sejak bulan September lalu. Meski dilaksanakan di tengah pandemi, acara bakti sosial dan pengabdian ini sukses diselenggarakan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga lebih terbantu secara materi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pada masa Pandemi Covid-19. (Lia-Nadzif)