MOBO-EVO UNY, ROBOT SEPAKBOLA BERODA JUARA 3 NASIONAL DAN DESAIN TERBAIK DI KONTES ROBOT INDONESIA 2018

Tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk berlaga di Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti setiap tahunnya. Bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Perlombaan diadakan dari 10-13 juli 2018. Mobo-Evo sendiri berhasil memenangkan juara 3 tingkat nasional dan juga desain terbaik divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda). Tim Mobo-Evo yang diketuai oleh Ahmad Wafi Nurmukti Wibowo (Pendidikan Teknik Elektro 2015) meraih peringkat 3 dari 23 tim yang menjadi wakil dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

KRSBI Beroda merupakan divisi dalam Perlombaan Robotika yang menggunakan robot beroda dalam pertandingannya. Alur permainannya sama seperti permainan sepak bola pada umumnya, yakni siapa yang berhasil mencetak gol terbanyak akan menjadi juaranya. Tidak hanya itu, keterampilan robot dalam memainkan strategi dan kelincahan juga sangat berpengaruh terhadap hasil pertandingan. Hal ini tidak luput dari peran anggota tim inti yang berperan langsung dalam pertandingan tersebut. Dalam lapangan pertandingan, setiap tim terdiri dari 3 robot, yakni 1 robot kiper dan 2 robot penyerang.

Pada Kompetisi Robot Sepak Bola Indonesia tingkat nasional ini perolehan juara didapat oleh Universitas Sultan Agung (juara 1), Institut Teknologi Sepuluh November (juara2), dan Universitas Negeri Yogyakarta (juara 3). Kompetisi berlangsung sengit dan meriah, ditambah dukungan dan yel-yel dari masing-masing suporter yang mendukung setiap tim.

Meskipun mendapat juara 3 dan meraih penghargaan desain terbaik, namun tim Mobo-Evo Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mengharumkan nama universitas, pendidikan, dan tentunya Indonesia, dan menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dapat dijadikan kompetisi yang mendidik para penerus bangsa untuk terus berlomba - lomba menjadi yang terbaik bagi bangsa dan negara.