MOST FAVORITE DESIGN DALAM BRIDGE DESIGN COMPETITION 2018, NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY, SINGAPORE

Tim Bimasena dari Divisi Rancang Bangun (DRB) UKM Rekayasa Teknologi UNY berhasil meraih Juara The Most Favorite Design dalam ajang Bridge Design Competition di Nanyang Technological University, Singapura (10 – 11 Maret 2018). Pada kompetisi ini Tim Bimasena diketuai Sahril Afandi angkatan 2014 dan beranggotakan Ermalia Nur Hidayah angkatan 2015 dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Sahril  menceritakan bahwa sistem perlombaan yang dianut pada kompetisi ini adalah peserta diharuskan untuk membuat sebuah jembatan yang merupakan solusi dari kasus yang diberikan. “Pada saat itu kasusnya adalah jembatan harus mampu dilewati oleh kapal yang memiliki tinggi 7 m dan panjang 10 m dan peserta diberikan 4 buah kayu balsa berukuran 36 feet dan 1 buah basewood berukuran 24 feet”, kenang Sahril.

“Setelah melalui pertimbangan yang cepat, akhirnya kami memutuskan untuk merancang sebuah jembatan dengan nama “Dragon FB” terinspirasi dari seekor capung yang memiliki sayap tipis namun mampu terbang sangat tinggi,” terang Sahril.

“Dengan mekanisme tersebut kami berharap jembatan yang ini mampu memiliki berat yang ringan namun memiliki kemampuan untuk menahan beban berat,” ujarnya. 

Rangkaian acara Bridge Design Competition sendiri dimulai dengan Technical Meeting dan langsung dilanjutkan dengan perakitan jembatan dengan waktu 5 jam. Hari kedua adalah presentasi dan pengujian karya, presentasi sendiri dilaksanakan selama 5 menit dengan sesi tanya jawab 2 menit.