MoU antara UNY dan Thiess Contractor Indonesia

Kamis, 21 Mei 2015. Prof. Rochmat Wahab, M.Pd., Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, dan Samel Rumende, Executive Director PT. Thiess Contractor Indonesia (TCI), menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama kedua institusi. Upacara penandatangan ini dilaksanakan di Ruang RKU, Gedung Rektorat UNY. Penandatangan MoU ini juga dihadiri oleh Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan UNY, dan Tony Borkett, TCI Training and Development Manager.

Sebagai bagian dari Thiess, sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Australia,  PT. Thiess Contractor Indonesia berdiri pada bulan November tahun 1988.

Dalam beberapa tahun terakhir, PT. TCI telah melakukan diversifikasi bisnis dan mengerjakan proyek di sektor telekomunikasi, minyak dan gas.

 “Selama akhir  tahun 2014 sampai dengan  tahun 2015 Universitas Negeri Yogyakarta telah menunjukkan kemajuan yang memuaskan. UNY tidak hanya bekerjasama dengan institusi pendidikan, namun juga sektor swasta. Kami sangat mendukung kegiatan kerjasama untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya,” ungkap Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.

Samel Rumende pun menandaskan bahwa sebagai universitas yang menyelenggarakan pendidikan untuk mencapai standar dan persyaratan global, UNY adalah salah satu institusi pendidikan yang menjadikan Indonesia sebagai pesaing utama negara-negara dalam sektor industri.

“Kerjasama PT. TCI dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta selaras dengan tujuan TCI Training Institute, suatu keselarasan dengan strategi Theiss untuk inovasi dan karya,” imbuhnya.

PT. TCI melalui TCI Training Institute juga bekerjasama dengan SMKN di Indonesia untuk penyediaan sumber daya manusia. Peran UNY sebagai pencetak guru SMK inilah yang juga menjadikan kerjasama antara UNY dan PT. TCI semakin relevan.

Kegiatan kerjasama UNY dan TCI  sendiri telah berlangsung dari tahun 2014 dan melibatkan Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).  Diantara program kerjasama yang telah berlangsung ialah pengiriman mahasiswa UNY untuk melaksanakan PPL dan WE di TCI, pengiriman tenaga ahli dari TCI untuk menjadi narasumber pada workshop K3 dosen dan karyawan FT UNY serta seminar nasional pendidikan vokasi di FT UNY.

Adapun kerjasama yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang adalah sertifikasi internasional kompetensi bidang keahlian dosen sebagai trainer, pengiriman dosen FT ke PT TCI untuk pengembangan bersama model pembelajaran vokasional, TCI sebagai partner utama UNY dalam membuka program studi S1 Pendidikan Teknik Alat Berat, TCI sebagau bapak angkat Inkubator Technopreneur bagi FT UNY, serta pengiriman tenaga pengajar bahasa Inggris dari FBS untuk mengajar karyawan TCI. (Yuliana)

Tags: