Pelatihan Keterampilan bagi pengungsi Merapi

Fakultas Teknik-UNY turut berpartisipasi dalam "UNY Peduli MErapi" dengan memberikan pelatihan keterampilan bagi para pengungsi merapi yang berada di posko GOR UNY. Pelatihan keterampilan yang diberikan adalah memasak kudapan  dan otomotif. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari (10-12/11/2010) dari jam 08.00-13.00 di kampus FT UNY.Pengungsi dari GOR UY dibawa dengan bus ke kampus FT-UNY yang berjarak 1 km.

Pelatihan memasak kudapan dikhususkan bagi remaja putri dan ibu-ibu. Pelatihan ini dilaksanakan di laboratorium boga jurusan Pendidikan Teknik Boga dan busana (PTBB). Dalam pelatihan memasak pengungsi dilatih untuk membuat aneka makanan ringan kue dan camilan yang dibimbing langsung oleh Dosen dosen Teknik Boga FT-UNY. Menurut Ketua Jurusan PBB Dr. Sri Wening bekal keterampilan ini nantinya akan dapat dimanfaatkan ibu-ibu pengungsi untuk mengembangkan  usaha rumah tangga dan memberikan harapan usaha alternatif guna peningkatan ekonomi paska pengungsian.

Pelatihan otomotif diberikan kepada pengungsi pria dilaksanakan di bengkel otomotif  Jurusan Pendidikan Otomotif. Pelatihan ini meliputi perawatan sepeda motor, servis sepeda motor dan dasar-dasar kewirausahaan perbengkelan. Pelatihan ini juga ditangani langsung oleh dosen-dosen jurusan Pendidikan otomotif.

Dekan FT UNY Wardan Suyanto Ed.D mengungkapkan program pelatihan ini sebagai wujud kepedulian FT-UNY pada pengungsi Merapi. Bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk materi namun juga ilmu yang bermanfaat. Dengan berbagai keterampilan ini diharapkan pengungsi dapat memanfaatkan untuk mengembangkan usaha rumah tangga pasca pengungsian. Kebutuhan pengungsi tidak hanya saat pengungsian namun juga paska pengungsian. FT-UNY berusaha membantu kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang bagi pengungsi merapi. Lebih lajut Dekan FT mengungkapkan pelatihan ini juga sebagai trauma healing untuk mencegah kebosanan dan menurunkan beban psikologis bagi para pengungsi.(wakhid/noor)