Peluang Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika dalam Bisnis Berbasis IoT

Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY menyelenggarakan webinar pada Senin (26/4/2021). Bincang webinar ini mengusung topik “Mengintegrasikan AI dalam Robotika: Sekarang atau Tertinggal?” oleh Muslikin, M. Pd. selaku dosen Pendidikan Teknik Elektronika UNY dan “Peluang Lulusan Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dalam Bisnis Berbasis IoT oleh Oby Zamisyak, S. Pd. alumni Pendidikan Teknik Elektronika UNY dan juga founder Indobot.co.id.

Muslikin menjelaskan bahwa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini telah akrab dalam kehidupan saat ini. “Sebenarnya apa itu AI? AI merupakan copy dari cara pandang manusia terhadap sesuatu, kemudian diwujudkan dalam satu algoritma yang di dalamnya menggunakan berbagai metode. Terdapat tiga pendekatan dalam AI, yaitu: thinking rationally, acting humanly, dan acting rationally,” terang Muslikin.

Sebagai manusia yang hidup di zaman modern yg melek teknologi, kegiatan kita setiap hari sangatlah akrab dengan AI. “Saat kita menggunakan smartphone, kemudian kita membuka browser, google search yang kita gunakan merupan salah satu bentuk dari AI.” Ujar Dosen yang tengah melanjutkan studi S3-nya di Taiwan ini.

Kemunculan AI sangat berdampak terhadap robotika. Dalam sejarahnya, sebelum AI dikenal secara luas, ilmu robotika telah dahulu dikenal. Namun, seiring perkembangan teknologi, grafik perkembangaan robotika semakin melandai. Dengan adanya pengintegrasian AI dalam robotika mendongkrak kembali ilmu robotika menjadi suatu inovasi teknologi yang kini berpotensi besar dan dapat berpengaruh terhadap ekonomi.

Industry 4.0 membuka peluang untuk terusberinovasi, memunculkan teknologi yang efisien dan mempermudah pekerjaan. Saat ini, telah banyak alat yang menggunakan AI. Misalnya, goole search, siri, self srdriving cars, penerapan AI dalam aplikasi e-commerce. Oby Zamisyak merupakan salah satu alumni Pendidikan Teknik Elektronika yang berhasil memanfaatkan potensi AI. Ia mampu melihat peluang AI dalam dunia kerja dengan mendirikan Indobot.co.id.

Indobot.co.id adalah start up yang bergerak di bidang teknologi. Di Indobot Academy diajarkan cara membuat alat elektronika tepat guna tanpa harus memiliki basic ektronika. Bagi Oby, pilihannya untuk berkuliah di Pendidikan Teknik Elektronika UNY merupakan piliha yang tepat. “Saya memutuskan kuliah di Pendidikan Teknik Elektronika karena awalnya saya ingin menjadi guru, kemudian seiring berjalannya waktu, saya akhirnya memutuskan untuk menjadi guru online saja. Selain itu, dengan adanya UKM di UNY sangat membantu saya untuk menambah wawasan yang tidak saya dapatkan saat belajar di kelas,” terang Oby